Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran Di SMK Negeri 2 Palu Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Prestasi belajar Sejarah siswa setelah menerapkan model pembelajaraan Example Non-Example di kelas XI Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Palu, dengan materi Pokok Perjuangan bangsa Indonesia dalamĀ upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda. Jenis penelitian PTK dengan model Kemmis & Mc.Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Palu yang melibatkan 32 siswa. Objek penelitian adalah Prestasi belajar siswa melalui model pembelajaraan Example Non-Example. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik deskriptif analitis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari skor rata-rata sesuai KKM (75). Pada keadaan awal di peroleh ketuntasan sebanyak 12 siswa atau (37,50%), siklus 1 meningkat menjadi 19 siswa tuntas atau (59,38%), dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 29 siswa (90,63%). Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model pembelajaran Example Non-Example dapat meningkatan prestasi belajar sejarah baik peningkatan proses maupun hasil. Selain itu model pembelajaran Example Non Example juga mampu dapat memperbaiki cara belajar di kelas
Keywords
example non-example; prestasi belajar sejarah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.