https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Submissions

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES JURNAL NOSARARA

 

  1. Naskah  dapat  berupa  a)  hasil penelitian,  atau b) kajian pustaka yang ditambah pemikiran penerapannya pada kasus tertentu, yang belum dan tidak akan dipublikasikan  dalam media lainnya.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan program MS- Word.  Naskah  berupa  soft  copy  di  CD  (disertai dua  eksemplar  cetakannya), dengan panjang maksimun sepuluh halaman kuarto  1,5  spasi,  format satu kolom font Times Romans, ukuran 11 pt.
  3. Sistimatika   penulisan   adalah:   a)   Bagian   awal:   judul,    nama   penulis   dan lembaganya  atau e-mail,  abstrak  & kata kunci.  b) Bagian utama: pendahuluan, permasalahan, tujuan, metode, dan kajian pustaka, c) hasil/pembahasan, d) Bagian akhir: Kesimpulan dan ucapan  terima kasih/Acknowledgment (kalau perlu) dan Daftar Pustaka.
  4. Judul tulisan  singkat tapi jelas,  menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dibahas,   tidak   memberi   peluang   penafsiran   yang   beraneka   ragam,   ditulis seluruhnya  dengan huruf kapital.
  5. Nama  penulis  ditulis  di bawah  judul tanpa  gelar,  diawali dengan  huruf kapital, ditulis  simetri  tanpa  singkatan,  diawali  kata  “oleh”.  Apabila  penulis  lebih  satu orang, nama-nama ditulis pada satu baris. Diikuti dengan nama lembaga atau perguruan  tinggi dibaris berikutnya  (ditulis  miring/italic).
  6.  Abstrak   memuat   inti   permasalahan,   tujuan,   metoda,   hasil   yang   diperoleh.

Abstrak  harus  ditulis  dalam  bahasa  Indonesia  untuk  tulisan  berbahasa  Inggris dan  bahasa  Inggris  untuk  tulisan  berbahasa.  Abstrak  terdiri  dari  70-250  kata yang   disusun   dalam  satu   paragraf,   dengan   format   esei  bukan  enumeratif. Abstrak  diketik  dengan  spasi tunggal dan dengan format yang lebih sempit dari teks utama (margin kanan dan kiri menjorok masuk beberapa ketukan). Abstrak hendaknya   disertai   dengan   3-5   kata-kata   kunci,   yaitu   istilah-istilah   yang mewakili  ide-ide  atau  konsep-konsep  dasar  yang  dibahas  dalam artikel.  Kata- kata  kunci  lajimnya  berupa  kata  dasar  atau  kata  yang  berdiri sendiri (tunggal) bukan frasa atau rangkaian kata.

7.   Teknik penulisan:

a)        Kata asing ditulis  dengan huruf miring

b)        Alinea  baru  dimulai pada  batas  tepi kiri  dengan  enam ketukan  masuk  dan antar alinea diberi tanda spasi.

c)        Batas pengetikan: tepi kiri dan atas 3 cm, tepi bawah dan kanan 2 cm.

d)        Rumus  dan  skema  sedapat  mungkin  dibuat  sesuai  kebutuhan  tulisan  (jika dianggap  penting).

e)        Tabel dan gambar harus diberi keterangan (nomor dan judul) yang jelas dan diletakkan di dekat bagian tulisan yang pertama kali merujuknya. Jika memungkinkan  dihindari penggunaan  tabel atau gambar yang berlebihan.

f)         Sumber  rujukan  dituliskan dalam uraian hanya terdiri dari; nama penulis dan tahun penerbitan.  Nama penulis tersebut harus tepat sama dengan nama yang ditulis  dalam daftar rujukan.

g)        Dimensi Mekanik.

-        Ukuran  dasar  kertas  adalah  20,5    X      29    sentimeter (bersih),.  Kertas untuk     isi  jurnal  adalah    Hout  Vrij  Schriff (HVS)    70  gram berwarna putih.  Warna dasar tinta untuk isi jurnal adalah  hitam.

-        Tata Huruf   dan Tata Letak.  Huruf yang digunakan pada seluruh halaman adalah  serif,  Times  New  Roman  ,  kecuali untuk  keperluan khusus.  Judul jurnal  menggunakan  huruf    Times  New  Roman    18  tegak-tebal.  Tulisan lainnya  pada  halaman  kulit  menggunakan  huruf    Times New Roman   30 butir  tegak-tebal.  Huruf  Times  9  butir  tegak  (kecuali  nama  jurnal  11 butir),  dan  isi  tabel/gambar/diagram.  Huruf  Times  New  Roman    9  butir tegak-  tebal,  digunakan  untuk  jabatan  dan  alamat  pada  halaman  judul serta  judul tabel/gambar/bagian/foto  pada  teks  induk  .  Huruf    Times  11 butir  digunakan  untuk   abstrak,   kata-kata  kunci,   kutipan  blok,  catatan akhir, daftar rujukan, subbab peringkat I dan lampiran, dengan modus tegak/miring/tebal  dan   kapital/kecil.   Huruf  Times   II   butir      digunakan untuk   nama  penulis,  teks  induk,  dan  judul  subbab  selain  peringkat  I, dengan  modus  tegak/miring/tebal  dan  kapital/kecil.  Huruf Times  14  butir kapital-kecil tebal digunakan  untuk judul artikel.

-        Spasi    antar    huruf    menggunakan    jarak    normal.    Spasi    antarkata menggunakan  jarak  normal.  Spasi  antarbaris  disesuaikan  dengan  ukuran huruf  (“0”)pada   pengaturan   spacing.   Spasi  antarparagraf  menggunakan sistem  inden  tanpa  spasi,  kecuali  paragraf  pertama  artikel  yang  tanpa identasi.  Spasi antara paragraf   dengan judul subbab  di atasnya adalah 3 mm; dengan judul subbab  dibawahnya adalah   3  mm; dengan judul tabel dibawahnya adalah 8 mm; dengan bagian di bawah atasnya adalah  3 mm; dengan  bagian  bawah    tabel di atasnya  adalah  3  mm;  dengan  foto  tak berjudul di  atas/bawah/sampingnya  adalah 3 mm.

-        Judul artikel dicetak  15  mm di bawah  tepi atas,  dengan huruf kapital – kecil tebal.  Judul subbab  peringkat I dicetak  kapital semua, rata tepi kiri, tebal,  peringkat  2  dicetak  kapital kecil,  rata  tepi kiri,  tebal;  peringkat 3 dicetak kapital-kecil,  rata tepi kiri, miring  – tebal.

-        Catatan     kaki  yang  berisi  identitas  penulis,  asal  lembaga,  dan  sumber tulisan  dicetak  pada  bagian  bawah  halaman  pertama artikel dengan huruf miring  dipisahkan  dengan bagian teks oleh garis tebal.

-        Foto   untuk   penjelas   uraian   dapat   dimuat.   Foto   penulis  artikel  tidak diperkenankan.  Foto  ditempatkan  pada  batas  tepi (kiri atau  kanan)  teks utama,  dan tidak  boleh keluar dari tepi teks induk  (body text) Judul foto dicetak  di bawah    foto  dengan  huruf kapital-kecil.  Tanda pisah (-) dalam cetakan     ditulis  dengan  satu  garis  panjang  (-).   Butir-butir  teks  yang disajikan tanpa maksud    mengurutkan diberi tanda bulet (  ‚ ) atau kotak hitam.

h)        Pengutipan menggunakan aplikasi Mendeley atau Zotero dengan APA Style.

Contoh Daftar Pustaka:

Agra, G., Formiga, N. S., Oliveira, P. S. de, Costa, M. M. L., Fernandes, M. das G. M., & Nóbrega, M. M. L. da. (2019). Analysis of the concept of Meaningful Learning in light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2017-0691

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Bidaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1), 127–150.

Baco, B., Nuriah, T., & Idris, A. (2018). Development of Local Historical Learning Resources South Sulawesi Based on Character Education in Department of Historical Education Faculty of Social Science at State University of Makassar. American Journal of Educational Research, 6(3), 220–237. https://doi.org/10.12691/education-6-3-10

Danoebroto, S. W. (2015). Teori Belajar Konstruktivis. P4TK Matematika, 2, 191–198. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/2016/01/7_Sri-Wulandari-D.pdf

Fitriyadi, H. (2015). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–284. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255

Herlina. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Budaya Lokal Berbasis Bahan Pembelajaran Hypercontent di SD Kota Palu. Universitas Negeri Jakarta.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.

Hidayat, A. (2016). Menteri Yohana Buat Aturan Larangan Siswa Bawa HP ke Sekolah. Tempo. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/744761

Hossain, M. (2019). Impact of Mobile Phone Usage on Academic Performance. World Scientific News, 118(January), 164–180.

Huda, K., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2017). Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Di Sekolah Menengah Atas Keberbakatan Olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 6(1), 28–34.

Indah Mutiara Kami. (2019). Viral HP Siswa Dihancurkan Pakai Palu, Ponpes Ngabar Beri Penjelasan. Detik.Com. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4598377

Isa, Y. (2015). Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(2), 73–83. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/10226

Jahja, R. S., & Septiandini, D. (2015). Praktik Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Sosiologi. Indonesian Journal of Sociology and Education Policy, 2(1), 1–23. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=809920&val=13228&title=Praktik  Pembelajaran  Tematik  di  Sekolah  Dasar  Dengan Pendekatan Sosiologi

Jamani, H., Arkanudin, & Syarmiati. (2013). Perilaku Siswa Pengguna Handphone: Studi Kasus pada Siswa SMP Negeri 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Tesis PMS, 1–14.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud no 67 kerangka dasar struktur kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud ) No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Mardianto. (2019). Peran Guru di Era Digital dalam Mengembangkan Self Regulated Learning Siswa Generasi Z untuk Pencapaian Hasil Pembelajaran Optimal. Seminar Nasional " Menjadi Siswa Yang Efektif Di Era Revolusi Industri 4.0, 150–157.

Misnah. (2009). Dinamika Kebudayaan Balia Pada Suku Kaili Setelah Masuknya Islam Abad Ke XVII Di Sulawesi Tengah. Makassar.

Misnah. (2019). Belajar Melalui pengalaman Historis (BMPH) Pada siswa SMP di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. LPPM- Universitas Muhamadiyah. Tasikmalaya, 154–161.

Misnah, M., Supriatna, N., Sjamsuddin, H., Ali, M., & Ratu, B. (2018).  Preserving Culture Wisdom of Nosialampale by Means Ethno Pedagogical Approach in Teaching of History . Advanced Science Letters, 24(11), 8236–8238. https://doi.org/10.1166/asl.2018.12531

Putra, Y. M. P. (2018). Regulasi Pembatasan Ponsel pada Anak. Republika.

8.   Atikel  dikirim  ke  Redaksi  Jurnal  Nosarara  paling  lambat  satu  bulan  sebelum

waktu terbit,      Alamat Redaksi: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan  dan  ilmu  Pendidikan,  Universitas tadulako.  Bumi Kaktus Tondo  Palu, Dr. Misnah HP 0853953222705– Dr. Mahfud 081357236221,

E-mail: nosararajurnal@gmail.com

Website:  http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/nosarara

9.   Artikel  yang  sampai  ke  redaksi  akan  mengalami  menyuntingan  isi dan  format, untuk  selanjutnya  ditentukan: (a)  diterima  tanpa  pebaikan,  atau        (b) diterima dengan   perbaikan   oleh   penyunting  ahli,   (c)  diterima  setelah  diperbaiki  oleh penulis,  atau dikembalikan karena kurang memenuhi  persyaratan.

10. Kepastian  pemuatan  atau  penolakan  naskah  akan  diberitahukan  secara  tertulis.

Bagi   yang   artikelnya   dimuat   akan   mendapat   imbalan   berupa   nomor   bukti pemuatan  sebanyak  2  (dua)  eksemplar.  Artikel yang  tidak  dimuat  tidak  akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis dan disertai dengan perangko secukupnya  serta alamat lengkap  penulis.

 

Pengelola Jurnal Nosarara

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.