Online Submissions
Already have a Username/Password for Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial?
Go to Login
Need a Username/Password?
Go to Registration
Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.
Author Guidelines
AUTHOR GUIDELINES JURNAL NOSARARA
- Naskah dapat berupa a) hasil penelitian, atau b) kajian pustaka yang ditambah pemikiran penerapannya pada kasus tertentu, yang belum dan tidak akan dipublikasikan dalam media lainnya.
- Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan program MS- Word. Naskah berupa soft copy di CD (disertai dua eksemplar cetakannya), dengan panjang maksimun sepuluh halaman kuarto 1,5 spasi, format satu kolom font Times Romans, ukuran 11 pt.
- Sistimatika penulisan adalah: a) Bagian awal: judul, nama penulis dan lembaganya atau e-mail, abstrak & kata kunci. b) Bagian utama: pendahuluan, permasalahan, tujuan, metode, dan kajian pustaka, c) hasil/pembahasan, d) Bagian akhir: Kesimpulan dan ucapan terima kasih/Acknowledgment (kalau perlu) dan Daftar Pustaka.
- Judul tulisan singkat tapi jelas, menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dibahas, tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam, ditulis seluruhnya dengan huruf kapital.
- Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, diawali dengan huruf kapital, ditulis simetri tanpa singkatan, diawali kata “oleh”. Apabila penulis lebih satu orang, nama-nama ditulis pada satu baris. Diikuti dengan nama lembaga atau perguruan tinggi dibaris berikutnya (ditulis miring/italic).
- Abstrak memuat inti permasalahan, tujuan, metoda, hasil yang diperoleh.
Abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia untuk tulisan berbahasa Inggris dan bahasa Inggris untuk tulisan berbahasa. Abstrak terdiri dari 70-250 kata yang disusun dalam satu paragraf, dengan format esei bukan enumeratif. Abstrak diketik dengan spasi tunggal dan dengan format yang lebih sempit dari teks utama (margin kanan dan kiri menjorok masuk beberapa ketukan). Abstrak hendaknya disertai dengan 3-5 kata-kata kunci, yaitu istilah-istilah yang mewakili ide-ide atau konsep-konsep dasar yang dibahas dalam artikel. Kata- kata kunci lajimnya berupa kata dasar atau kata yang berdiri sendiri (tunggal) bukan frasa atau rangkaian kata.
7. Teknik penulisan:
a) Kata asing ditulis dengan huruf miring
b) Alinea baru dimulai pada batas tepi kiri dengan enam ketukan masuk dan antar alinea diberi tanda spasi.
c) Batas pengetikan: tepi kiri dan atas 3 cm, tepi bawah dan kanan 2 cm.
d) Rumus dan skema sedapat mungkin dibuat sesuai kebutuhan tulisan (jika dianggap penting).
e) Tabel dan gambar harus diberi keterangan (nomor dan judul) yang jelas dan diletakkan di dekat bagian tulisan yang pertama kali merujuknya. Jika memungkinkan dihindari penggunaan tabel atau gambar yang berlebihan.
f) Sumber rujukan dituliskan dalam uraian hanya terdiri dari; nama penulis dan tahun penerbitan. Nama penulis tersebut harus tepat sama dengan nama yang ditulis dalam daftar rujukan.
g) Dimensi Mekanik.
- Ukuran dasar kertas adalah 20,5 X 29 sentimeter (bersih),. Kertas untuk isi jurnal adalah Hout Vrij Schriff (HVS) 70 gram berwarna putih. Warna dasar tinta untuk isi jurnal adalah hitam.
- Tata Huruf dan Tata Letak. Huruf yang digunakan pada seluruh halaman adalah serif, Times New Roman , kecuali untuk keperluan khusus. Judul jurnal menggunakan huruf Times New Roman 18 tegak-tebal. Tulisan lainnya pada halaman kulit menggunakan huruf Times New Roman 30 butir tegak-tebal. Huruf Times 9 butir tegak (kecuali nama jurnal 11 butir), dan isi tabel/gambar/diagram. Huruf Times New Roman 9 butir tegak- tebal, digunakan untuk jabatan dan alamat pada halaman judul serta judul tabel/gambar/bagian/foto pada teks induk . Huruf Times 11 butir digunakan untuk abstrak, kata-kata kunci, kutipan blok, catatan akhir, daftar rujukan, subbab peringkat I dan lampiran, dengan modus tegak/miring/tebal dan kapital/kecil. Huruf Times II butir digunakan untuk nama penulis, teks induk, dan judul subbab selain peringkat I, dengan modus tegak/miring/tebal dan kapital/kecil. Huruf Times 14 butir kapital-kecil tebal digunakan untuk judul artikel.
- Spasi antar huruf menggunakan jarak normal. Spasi antarkata menggunakan jarak normal. Spasi antarbaris disesuaikan dengan ukuran huruf (“0”)pada pengaturan spacing. Spasi antarparagraf menggunakan sistem inden tanpa spasi, kecuali paragraf pertama artikel yang tanpa identasi. Spasi antara paragraf dengan judul subbab di atasnya adalah 3 mm; dengan judul subbab dibawahnya adalah 3 mm; dengan judul tabel dibawahnya adalah 8 mm; dengan bagian di bawah atasnya adalah 3 mm; dengan bagian bawah tabel di atasnya adalah 3 mm; dengan foto tak berjudul di atas/bawah/sampingnya adalah 3 mm.
- Judul artikel dicetak 15 mm di bawah tepi atas, dengan huruf kapital – kecil tebal. Judul subbab peringkat I dicetak kapital semua, rata tepi kiri, tebal, peringkat 2 dicetak kapital kecil, rata tepi kiri, tebal; peringkat 3 dicetak kapital-kecil, rata tepi kiri, miring – tebal.
- Catatan kaki yang berisi identitas penulis, asal lembaga, dan sumber tulisan dicetak pada bagian bawah halaman pertama artikel dengan huruf miring dipisahkan dengan bagian teks oleh garis tebal.
- Foto untuk penjelas uraian dapat dimuat. Foto penulis artikel tidak diperkenankan. Foto ditempatkan pada batas tepi (kiri atau kanan) teks utama, dan tidak boleh keluar dari tepi teks induk (body text) Judul foto dicetak di bawah foto dengan huruf kapital-kecil. Tanda pisah (-) dalam cetakan ditulis dengan satu garis panjang (-). Butir-butir teks yang disajikan tanpa maksud mengurutkan diberi tanda bulet ( ‚ ) atau kotak hitam.
h) Pengutipan menggunakan aplikasi Mendeley atau Zotero dengan APA Style.
Contoh Daftar Pustaka:
Agra, G., Formiga, N. S., Oliveira, P. S. de, Costa, M. M. L., Fernandes, M. das G. M., & Nóbrega, M. M. L. da. (2019). Analysis of the concept of Meaningful Learning in light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2017-0691
Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Bidaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1), 127–150.
Baco, B., Nuriah, T., & Idris, A. (2018). Development of Local Historical Learning Resources South Sulawesi Based on Character Education in Department of Historical Education Faculty of Social Science at State University of Makassar. American Journal of Educational Research, 6(3), 220–237. https://doi.org/10.12691/education-6-3-10
Danoebroto, S. W. (2015). Teori Belajar Konstruktivis. P4TK Matematika, 2, 191–198. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/2016/01/7_Sri-Wulandari-D.pdf
Fitriyadi, H. (2015). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–284. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255
Herlina. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Budaya Lokal Berbasis Bahan Pembelajaran Hypercontent di SD Kota Palu. Universitas Negeri Jakarta.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.
Hidayat, A. (2016). Menteri Yohana Buat Aturan Larangan Siswa Bawa HP ke Sekolah. Tempo. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/744761
Hossain, M. (2019). Impact of Mobile Phone Usage on Academic Performance. World Scientific News, 118(January), 164–180.
Huda, K., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2017). Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Di Sekolah Menengah Atas Keberbakatan Olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 6(1), 28–34.
Indah Mutiara Kami. (2019). Viral HP Siswa Dihancurkan Pakai Palu, Ponpes Ngabar Beri Penjelasan. Detik.Com. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4598377
Isa, Y. (2015). Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(2), 73–83. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/10226
Jahja, R. S., & Septiandini, D. (2015). Praktik Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Sosiologi. Indonesian Journal of Sociology and Education Policy, 2(1), 1–23. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=809920&val=13228&title=Praktik Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Sosiologi
Jamani, H., Arkanudin, & Syarmiati. (2013). Perilaku Siswa Pengguna Handphone: Studi Kasus pada Siswa SMP Negeri 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Tesis PMS, 1–14.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud no 67 kerangka dasar struktur kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud ) No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Mardianto. (2019). Peran Guru di Era Digital dalam Mengembangkan Self Regulated Learning Siswa Generasi Z untuk Pencapaian Hasil Pembelajaran Optimal. Seminar Nasional " Menjadi Siswa Yang Efektif Di Era Revolusi Industri 4.0, 150–157.
Misnah. (2009). Dinamika Kebudayaan Balia Pada Suku Kaili Setelah Masuknya Islam Abad Ke XVII Di Sulawesi Tengah. Makassar.
Misnah. (2019). Belajar Melalui pengalaman Historis (BMPH) Pada siswa SMP di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. LPPM- Universitas Muhamadiyah. Tasikmalaya, 154–161.
Misnah, M., Supriatna, N., Sjamsuddin, H., Ali, M., & Ratu, B. (2018). Preserving Culture Wisdom of Nosialampale by Means Ethno Pedagogical Approach in Teaching of History . Advanced Science Letters, 24(11), 8236–8238. https://doi.org/10.1166/asl.2018.12531
Putra, Y. M. P. (2018). Regulasi Pembatasan Ponsel pada Anak. Republika.
8. Atikel dikirim ke Redaksi Jurnal Nosarara paling lambat satu bulan sebelum
waktu terbit, Alamat Redaksi: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas tadulako. Bumi Kaktus Tondo Palu, Dr. Misnah HP 0853953222705– Dr. Mahfud 081357236221,
E-mail: nosararajurnal@gmail.com
Website: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/nosarara
9. Artikel yang sampai ke redaksi akan mengalami menyuntingan isi dan format, untuk selanjutnya ditentukan: (a) diterima tanpa pebaikan, atau (b) diterima dengan perbaikan oleh penyunting ahli, (c) diterima setelah diperbaiki oleh penulis, atau dikembalikan karena kurang memenuhi persyaratan.
10. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.
Bagi yang artikelnya dimuat akan mendapat imbalan berupa nomor bukti pemuatan sebanyak 2 (dua) eksemplar. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis dan disertai dengan perangko secukupnya serta alamat lengkap penulis.
Pengelola Jurnal Nosarara
Submission Preparation Checklist
As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
- The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
- The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
- Where available, URLs for the references have been provided.
- The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
- The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
- If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.