https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Model Pembelajaran Kreatif Dan Produktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Palu Tahun Pelajaran 2019/2020 | Ba'dung | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Model Pembelajaran Kreatif Dan Produktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Palu Tahun Pelajaran 2019/2020

Meiriany Ba'dung

Abstract


Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif ini, secara teori dapat meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan sebagai usaha meningkatkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran menjadi lebih baik lagi pada dasarnya guru harus terus menerus melakukan tindakan melalui proses penelitian agar dapat mengelola proses pembelajaran yang komulatif, partisipatif dan demokratis sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengkondisikan proses pembelajaran yang kondusif. Dalam konteks ini termasuk menerapkan model pembelajaran kreatif dan kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar belajar sejarah pada siswa kelas X Akuntasi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Palu. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian PTK yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan prasiklus presentase ketuntasannya hasil belajar siswa adalah 30,76%. Setelah dilakukan tindakan, hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I meningkat dengan presentase siswa yang tuntas 62,86%, dan pada siklus II hasil belajar nilai siswa menunjukkan menunjukkan adanya peningkatan yang lebih baik. Hal ini dilihat dari presentase dari tingkat ketuntasan pada siklus II adalah 85,71%. Dengan demikian pembelajaran kreatif dan produktif, dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X Akuntasi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Palu

Keywords


hasil belajar, kreatif dan produktif; model pembelajaran; sejarah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Chaerunisa, Z., Latief, J., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2952–2960.

Djajadi, M. (2020). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (Issue April). CV Arti Bumi Intaran.

Fakihuddin, L. (2017). Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif Berbasis Masalah Kontekstual Melalui Kegiatan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kreativitas Ekspresi Tulis Puisi. Mabasan, 11(2).

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Gaung Persada Perss.

Gusmayanti, W., Fauziah, R. S. P., & Muhdiyati, I. (2018). Pengaruh Minat Membaca Cerita Pahlawan pada Hasil Pengajaran. Didaktika Tauhid: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 123–134.

Heryati. (2019). Pengantar Ilmu Sejarah. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods (Third). Sage Publications, Inc.

Samho, B., & Yasunari, O. (2010). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Tantangan Tantangan Implementasinya Di Indonesia Dewasa Ini. Laporan Penelitian. Universitas Katolik Parahyangan. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.