https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR B PADA MATERI PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN | Mustakim | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR B PADA MATERI PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN

Mustakim Mustakim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan metode eksperimen pada materi pemeliharaan mesin kendaraan ringan. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan pembelajaran metode eksperimen pada pemeliharaan mesin kendaraan ringan Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subyek peneltian ini adalah siswa kelas XI TKR B SMK Neeri 3 Palu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik kmencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai criteria ketuntasan minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar  siswa pada materi pemeliharaan mesin kendaraan ringan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 66 (69%) yang berada pada criteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 81 (89%) dan berada pada criteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan disetiap siklusnya. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada  materi pemeliharaan mesin kendaraan ringan siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 3 Palu.

Keywords


metode pembelajaran eksperimen; hasil belajar; pemeliharaan mesin kendaraan ringan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas, Filosofis, Metodologi, dan Implementasinya. Surya Pena Gemilang.

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Budiono, T. (2012). Hubungan Karakteristik Guru Dan Fasilitas Belajar Dengan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Smk Negeri 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Kaaffah Learning Center.

Hamalik, O. (2005). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Roestiyah N, K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Sumantri, M., & Permana, J. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Wibowo, C. H. (2015). Problematika Profesi Guru Dan Solusinya Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Mts. Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.