KEMAMPUAN GURU MENGELOLAH KELAS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X MIA 1 SMA LABSCHOOL UNTAD PALU

Ferawati Kalade, Hasan Hasan, Charles Kapile

Abstract


Permasalahan dalam artikel ini yaitu: Bagaimana kemampuan guru mengelola kelas dalam pembelajaran sejarah di kelas X Mia I SMA Labschool Untad Palu? Tujuan penelitian ini yaitu: mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kelas dalam pembelajaran sejarah di kelas X Mia I SMA Labschool Untad Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : Kemampuan guru dalam mengelola kelas sudah baik, pengetahuan dan keterampilan guru dikatakan baik, hal ini diperkuat dengan hasil wawancara peneliti dengan guru dan persepsi siswa yang didapat melalui wawancara. Kemampuan guru sejarah dalam menciptakan pembelajaran yang tepat, baik dalam menangani siswa yang membuat kegaduhan, pengaturan tempat duduk yang pengaturannya hanya merubah format tempat duduk saat ada pembentukan kelompok saja dimana guru lebih suka menerapkan format konvensional dimana posisi tempat duduk siswa menggunakan format baris dan kolom, maupun dalam mengelola interaksi belajar mengajar cenderung terlihat saat guru melakukan kegiatan membuka dan menutup pelajaran, dimana siswa memberikan respon kepada guru mulai dari mengajak siswa berdoa, mengecek siswa yang tidak berangkat, menanyakan materi terakhir dan pekerjaan rumahnya sehingga proses pembelajaran berjalan efektif dan efisien.


Keywords


kemampuan guru, pembelajaran sejarah, pengelolaan kelas

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. (2014). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Akmal Hawi. (2016). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Rajawali Pers.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Azwar, Saifuddin. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Marno dan Idris. (2016). Metode dan Tehnik Mengajar: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profersional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mustari, Mohamad. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan

Prayitno. (2014). Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.