PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID-19 MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS SMAN 5 PALU

Atrilla Utami, Nuraedah Nuraedah

Abstract


Artikel hasil penelitian ini dibuat dengan permasalahan Bagaimana peran guru mendesain materi pembelajaran dalam meningkatkan Motivasi belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19 dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS SMAN 5 Palu dan Bagaimana peran orangtua dalam meningkatkan Motivasi belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19 dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS SMAN 5 Palu. Tujuan dari artikel ini mendeskripsikan peran guru dan orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemic covid 19 dalam pembelajaran sejarah. Artikel hasil ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru sejarah dan orangtua/wali siswa kelas X IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumen/dokuementasi. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif, data yang diperoleh dari sumber wawancara maupun dokumentasi akan dianalisis secara dsekriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orangtua dan guru memiliki peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya mata pelajaran Sejarah. Guru memiliki peran dalam mendesain rancangan perencanaan pembelajaran sejarah yang disusun dalam bentuk rancangan perencanaan pembelajaran (RPP). Peran orangtua/wali siswa sendiri sebagai motivator, pembimbing/panutan dan orangtua sebagai fasilitator. 

Keywords


peran guru; peran orangtua; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Burhan Bungin. 2011. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Emalia Rahmasari. 2014. Implementasi Kebijakan SD-SMP Satu Atap di Desa Canggal Kecamatan Candiroto  Kabupaten temanggung. Disertasi. Yogyakarta. UNY. http://journal2.um.ac.id/. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020

Indah Yuliastuti. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menyelenggarakan Pendidikan  Sekolah Satu Atap di Kecamatan Kuala Mandor. Disertasi. Pontianak. Untan. http://journal2.um.ac.id. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020.

Lexy J. Moleong. 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jurhayanto. Dkk.  2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penguatan Peran Multi-Stakeholders (Masalah dan Strategi Solutif Peningkatan Mutu SD – SMP Satu Atap di Daerah Terpencil). Disertasi. Malang. UM. http://jurnal.ut.ac.id/ . Diakses pada tanggal 10 Januari 2020

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Sigi Nomor 1389/KP 7 Tahun 2011 Tentang Penetapan Kelembangaan SMP Satu Atap.

Surat Izin Nomor. 690/HK.5/ Tahun 2012 Tentang Izin Oprasional SMP Satu Atap Negeri Tompu.

Sawirdi. 2016.  Implementasi  Kebijakan SD-SMP Negeri 4 Satu Atap di Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun. Disertasi. Riau. http://journal2.um.ac.id/. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020.

Wiwik Wijayanti.  2011. Implementasi Kebijakan SD-SMP Satu Atap (Studi Multisitus di Kecamatan Ngablak, Pakis dan Sawangan Kabupaten Magelang). Disertasi. Malang : UM.. http://karya-ilmiah.um.ac.id/. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020

Indah Yuliastuti. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menyelenggarakan Pendidikan  Sekolah Satu Atap di Kecamatan Kuala Mandor. Disertasi. Pontianak. Untan. http://journal2.um.ac.id. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020.

Lexy J. Moleong. 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jurhayanto. Dkk.  2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penguatan Peran Multi-Stakeholders (Masalah dan Strategi Solutif Peningkatan Mutu SD – SMP Satu Atap di Daerah Terpencil). Disertasi. Malang. UM. http://jurnal.ut.ac.id/ . Diakses pada tanggal 10 Januari 2020

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Sigi Nomor 1389/KP 7 Tahun 2011 Tentang Penetapan Kelembangaan SMP Satu Atap.

Surat Izin Nomor. 690/HK.5/ Tahun 2012 Tentang Izin Oprasional SMP Satu Atap Negeri Tompu.

Sawirdi. 2016.  Implementasi  Kebijakan SD-SMP Negeri 4 Satu Atap di Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun. Disertasi. Riau. http://journal2.um.ac.id/. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020.

Wiwik Wijayanti.  2011. Implementasi Kebijakan SD-SMP Satu Atap (Studi Multisitus di Kecamatan Ngablak, Pakis dan Sawangan Kabupaten Magelang). Disertasi. Malang: UM. http://karya-ilmiah.um.ac.id/. Diakses pada tanggal 10 Januari


Refbacks

  • There are currently no refbacks.