https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS V SDN 2 PALU | Irsadi | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS V SDN 2 PALU

Andi Irsadi, Arif Firmansyah, Rizal Rizal

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Palu pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan model berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 2 Palu. Subyek penelitian berjumlah 34 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan presentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 63,08% serta presentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 64,70%.  Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 75,88%, serta presentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 79.41%. Berdasarkan hasil penlitian menunjukkan bahwa hasil belajar bidang studi IPS dapat ditingkatkan dengan menggunakan model berbasis masalah pada siswa kelas V SDN 2 Palu.

Keywords


hasil belajar; pembelajaran berbasis masalah; IPS

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anang Mauludin dan Endang Komara. (2016). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru. Bandung : PT. Refika Aditama. Bandung: PT. Refika Aditama.

Asmahasanah, S., Rahmani, F. M., Journal, A., & Elementary, O. (2019). Salati Asmahasanah, Fajar Maulidi Rahmani Attadib Journal Of Elementary Education, Vol. 3 (2), Desember 2019. 3(2).

Depdiknas. (2014). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Firmansyah, A., & Rizal. (2019). Jurnal Inspirasi Pendidikan. 9(2), 103–109.

Hamdani. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: CV Puastaka Setia.

Misnah. (2019). Jurnal Teknologi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 42–55. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329

Misnah, -, Supriatna, N., Iskandar, -, & Ali, M. (2018). Philosophy of Hintuwu and Katuwua as Learning Sources in Teaching Social Science Subject Among Kulawi Indigenous People. 174(Ice 2017), 53–57. https://doi.org/10.2991/ice-17.2018.14

Muhammad, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Problem Solving pada Siswa kelas IX SMP Negeri 3 Palopo. 2(2), 76–90.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, T. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Guru Praktik, Praktis, dan Mudah. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.