https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Desain Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS Di Universitas Tadulako | Misnah | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Desain Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS Di Universitas Tadulako

Misnah Misnah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada program study pendidikan sejarah Universitas Tadulako melalui desain model pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti kualitatif yang di terapkan melalui  Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pada matakuliah pendidikan IPS di Kelas A di Iniversitas Tadulako yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : (a) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian ini meliputi empat tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart : (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil  mahasiswa pada mata pelajaran IPS di Universitas Tadulako.


Keywords


desain pembelajaran; problem based learning; pembelajaran sejarah

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2014). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among The Five Traditions. London: Sage.

Ead, H. A. (2019). Research in Globalization Globalization in higher education in Egypt in a historical context. Research in Globalization, 1, 100003. https://doi.org/10.1016/j.resglo.2019.100003

Herlina, Acim, Misnah, & Khairunnisa, R. (2019). Need Analysis of Using Google Form For Learning. Jurnal Dikdas, 7(2), 143–150.

Karim. (2020). Interview : Mahasiswa Prody Pendidikan Sejarah. Palu, Sulawesi Tengah.

Mahfud. (2020). Skiil Mahasiswa Sejarah (pp. 2019–2020). pp. 2019–2020. Palu, Sulawesi Tengah.

Mujiarto, M., Sambas, A., Gundara, G., & Ula, S. (2019). Pelatihan Robotika Berbasis Android Untuk Menumbuhkan Inovasi Dan Kreativitas Di Smp 11 Bandung. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8. https://doi.org/10.31604/jpm.v2i1.8-12

Nurhayati. (2020). Interview : Mahasiswa Prody Pendidikan Sejarah. Palu, Sulawesi Tengah.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. EISSN: 2502-471X DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI Jurnal, 2(9), 1188–1195.

Taggart, & Kemis. (2001). Taggart. and K. (2001). The Action research Planner. Deakin University, Victoria, Australia.

Zulrahmat, & Herlina. (2016). Pengaruh Strategi Problem Based Learning dan Sikap Kreatif Terhadap Hasil Belajar PKn. Al-Ta’dib, 9(2), 140–155.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.