Kemampuan Guru Memotivasi Siswa Melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 4 Di SMA Negeri 2 Palu

Mohamad Sauqi Renaldi, Junarti Junarti

Abstract


Hasil penelitian ini membahas tentang  kemampuan guru meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah melalui metode diskusi di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Palu. Hasil Penelitian ini di lakukan melalui observasi awal, di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman yang dimiliki siswa. Tindakan yang dilakukan adalah tindakan pembelajaran sejarah melalui metode diskusi. Jumlah sampel siswa XI IPS 4 SMA Negeri 2 Palu berjumlah 35 orang  siswa dari 140 siswa yang menjadi populasi. Peneliti melakukan penelitian dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskripstif yaitu menjelaskan data yang mengutamakan argumentasi verbal dengan menggunakan tabel seperlunya untuk data tertentu sesuai dengan yang ditemukan di lapangan, dengan menggunakan metode observasi, angket dan wawancara. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa guru dapat memotivasi siswa dan melalui metode diskusi yang telah terlaksana dengan baik,  siswa  aktif mengemukakan pendapat dan tidak mengharapkan teman sekelompoknya untuk menjawab pertanyaan dari kelompok lain. Penggunaan metode diskusi di SMA Negeri 2 Palu khususnya Kelas XI IPS 4 harus diterapkan di Setiap pembelajaran di kelas agar keaktifan siswa mengeluarkan argument dan termotivasi dalam proses pembelajaran semakin meningkat dan mampu berperan dalam setiap pembelajaran di kelas. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.