https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Membuat Video Pembelajaran Melalui Kegiatan In House Training (IHT) Di SMKS Amaliah Palu Tahun Ajaran 2019/2020 | Tina | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Membuat Video Pembelajaran Melalui Kegiatan In House Training (IHT) Di SMKS Amaliah Palu Tahun Ajaran 2019/2020

Maria Tina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mebuat video pembelajaran melalui kegiatan In House Training (IHT) tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya guru yang mengalami kesulitan dalam membuat video pembelajaran di SMKS Amaliah Palu. Selain itu, guru sering tidak menyadari bahwa pemanfaatan video pembelajaran sangat penting utuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti sekaligus sebagai kepala sekolah melakukan pembinaan kepada guru melalui kegiatan In House Training (IHT). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian tindakan yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun setting penelitian adalah seluruh guru SMKS Amaliah Palu. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam membuat video pembelajaran secara bertahap yaitu siklus I dengan persentase skor 56% (cukup baik), Siklus II dengan persentase skor 80% (baik) yang sekaligus memenuhi indikator ketuntasan dimana semua guru sudah memenuhi kriteria minimal pembuatan video pembelajaran yaitu dengan kualitas minimal baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembinaan melalui kegiatan In House Training dapat meningkatkan kompetensi guru dalam membuat video pembelajaran di SMKS Amaliah Palu

Keywords


Teacher Competency; Learning Videos; In House Training (IHT)

Full Text:

PDF

References


Arisetya, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Saraf Dengan Menggunakan Adobe Flash CS3 Pada Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas. Universitas Negeri Medan.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI

Haris Budiman. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 7.

Hosnan. 2016. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia: Vol. VIII (Issue 2).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 TAHUN 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2015).

Putra, M. I., Ariawan, U., & Sutaya, I. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Video Cd Interaktif Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web Di Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1).

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis.Bogor: In Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.