PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM PENERAPAN APLIKASI AUDACITY PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran berbasis online dimasa pandemik, dan para guru belum memiliki kompotesi untuk mengintegrasikan model pembelajaran Blended Learning yang dikemas dalam Aplikasi Audacity dengan pokok materi pelajaran Sejarah di SMA Labschool. Penelitian ini memiliki urgensitas untuk dilakukan, sehingga melalui penelitian ini akan melahirkan inovasi-inovasi baru dalam mengkombinasikan antara model pembelajaran blended learning dengan Aplikasi Audacity dalam proses pembelajaran sejarah dengan mengangkat nilai-nilai sejarah lokal sebagai paket pelajaran di SMA. Penelitian ini berorientasi pada terobosan baru dalam mengahadapi era revolusi industry. Dalam penelitian ini mengangkat permasalahan 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran blended learning dengan menggunakan Aplikasi Audacity pada pelajaran Sejarah di SMA Labschool dan 2. Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya Model Pembelajaran Blended Learning dengan Menggunakan Aplikasi Audacity pada Pelajaran Sejarah Di SMA Se Sulawesi Tengah. Tujuan penelitian ini berorientasi untuk mengetahui pola penerapan model pembelajaran blended learning menggunakan Aplikasi Audacity pada pelajaran sejarah di SMA Se Sulawesi Tengah. Dengan demikian maka para guru-guru SMA Labschool dengan menerapkan model pembelajaran blended learning yang dikombinasikan dengan Aplikasi Audacity akan memudahkan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (Creswell) yang dikaji menggunakan pendekatan model pembelajaran blended learning sebagai basis dalam proses pembelajaran yang dikombinasikan dengan teknologi Audacity sebagai media dalam menyampaikan materi pelajaran sejarah di SMA se Sulawesi Tengah. Penerapan model pembelajaran blended learning yang pada prinsipnya akan menjadi salah satu solusi dan terobosan untuk mengatasi kesulitan proses pembelajaran di SMA Labschool. Dengan demikian maka proses penelitian ini akan memudahkan para guru-guru dalam mentransfer pengetahuan (transfer knowledge) kepada siswa sebagai obyek dalam proses pembelajaran di SMA Labschool. Riset ini juga merupakan kebaharuan yang dilakukan sebagai terobosan proses pembelajaran sejarah di SMA Labschool
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.