https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (IPS) SEJARAH MELALUI GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN MEODE BELAJAR AKTIF MODEL PENGAJARAN AUTENTIK PADA SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 2 PALU TAHUN PELAJARAN 2017-2018 | Ba'dung | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (IPS) SEJARAH MELALUI GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN MEODE BELAJAR AKTIF MODEL PENGAJARAN AUTENTIK PADA SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 2 PALU TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Meiriany Ba'dung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar (IPS) sejarah melalui gabungan metode ceramah dengan model belajar aktif model pembelajaran autentik pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 2 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III yaitu masing-masing 67,65%, 79,41%, dan 91,17%. Ketuntasan hasil belajar siswa melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa gabungan metode ceramah dengan metode belajar aktif model pengajaran autentik memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.


Keywords


Prestasi belajar; Sejarah; Gabungan metode

Full Text:

PDF

References


Hidayat. 2017. Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI  di SMA Negeri 1 Trimurjo kabupaten lampung tengah tahun ajaran 2015/2016. Skripsi fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Harisah. 2013. Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Aktivitas Pembelajaran Matematika di Kelas III SDN 19 Mempawah Hilir. Skripsi Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pontianak.

Sugiyono 2016: 9 Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Internet

https://www.linkguru.net/jurnal-minat-belajar-siswa-pdf/

https://nilamarifani.wordpress.com/2013/07/05/upaya-meningkatkan-minat -belajar-siswa-terhadap-pembelajaran-sejarah-dengan-menggunakan-metode-diskusi-kelompok-g-30-spki-pada-siswa-kelas-xii-ipa-2-di-sma-leuwimunding-tahun-ajaran-2012-2013/

https://www.kajianpustaka.com/2013/01/metode-diskusi-dalam-elajar.html

https://www.kompasiana.com/rifatunnurul6769/5e830b2ed541df5d5d08c073/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-belajar

https://fisika16jtriandi.blogspot.com/2017/12/jurnal-strategi-belajar-mengajar.html

Meita A.  2017. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Metode Diskusi Kelompok Dalam Layanan Informasi Pada Siswa Kelas VIII 5 SMP Negeri 21 Batanghari.  Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.