https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penggunaan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial | Nugroho | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Penggunaan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial

Fajar Nugroho

Abstract


Sejarah tidak dapat dipisahkan dari istilah kontroversi. Banyak tulisan sejarah dengan topik yang sama datang dengan versinya sendiri-sendiri dan saling menganggap bahwa versi mereka adalah versi yang paling tepat. Menjadi menarik ketika dilibatkan dalam bidang pendidikan khususnya sekolah, karena akan menjadi pemicu bagi peserta didik dalam berpikir kritis. Peran seorang guru sebagai fasilitator di kelas harus mampu dengan baik mengelola kegiatan pembelajaran sejarah kontroversial, sehingga proses pembelajaran akan berjalan dengan baik tanpa ada pihak yang dirugikan dengan cara memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk mencari, menggunakan, dan mengumpulkan sumber belajar. Peserta didik yang mengacu pada sumber belajar maka akan memperoleh informasi, dan berikutnya akan memiliki dampak yang besar terhadap persepsi dan pemahaman peserta didik terhadap materi sejarah kontroversial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.