https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pembelajaran Bermedia Permainan Di Sekolah Terdampak Bencana (Kasus Kelas XI IPS 1 SMA N Sigi) | Asrun | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Pembelajaran Bermedia Permainan Di Sekolah Terdampak Bencana (Kasus Kelas XI IPS 1 SMA N Sigi)

Asrun Asrun, Iwan Alim Saputra

Abstract


Penelitian ini secara umum terkait dengan pemanfaatan media permainan ular tangga dalam proses pembelajaran geografi di sekolah terdampak bencana. Secara khusus, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana respon (tanggapan) siswa terhadap penggunaan media permainan dalam pembelajaran. Tangapan siswa diukur dari hasil dan motivasi belajar dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan secara eksperimen dengan desain pretest posttest one group design. Data diambil dari angket dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari aspek motivasi siswa setelah proses pembelajaran bermedia permainan (ular tangga) dengan indikator keberhasilan 93% dan termasuk kategori tinggi setelah perlakuan. Skor hasil belajar (rata-rata kelas) ranah kongnitif juga mengalami peningkatan menjadi 78 dari 62. tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran ditunjukkan dengan nilai persentase 55%. Nilai ini diinterpretasi sebagai sebagai tanggapan positif siswa terhadap pembelajaran bermedia permainan. Keseluruhan hasil menyimpulkan bahwa pembelajaran bermedia permainan (ular tangga) dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran, khususnya di sekolah terdampak bencana

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.