https://atisisbada.bogorkab.go.id/assets/ https://kelulusan.pnl.ac.id/assets/ https://bpsdm.kominfo.go.id/uploads/rekomendasi/ https://bpsdm.kominfo.go.id/uploads/berita/ https://faperta.unej.ac.id/wp-content/themes/penting/ https://cbs-sihapims.kemkes.go.id/ https://kip-kuliah.kemenag.go.id/xgacor/ https://simpelsikat.langkatkab.go.id/thai-gacor/ https://ais.stikesmi.ac.id/ais/repository/ https://inventory.bappeda.tulungagung.go.id/vendor/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sitaboga.unair.ac.id/storage/app/public/uploads/rekomendasi/ https://merchandise.daihatsu.co.id/xgacor/ https://cbs-sihapims.kemkes.go.id/demobos/
Strategi Mengajar Guru Sejarah Pasca Mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di SMA Negeri 4 Palu | Indra | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Strategi Mengajar Guru Sejarah Pasca Mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di SMA Negeri 4 Palu

Viky Indra, Charles Kapile, Misnah Misnah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi mengajar guru sejarah sebelum mengikuti bimbingan teknis (bimtek) kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Palu dan strategi mengajar guru sejarah pasca mengikuti bimbingan teknis (bimtek) kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Palu. Lokasi objek artikel hasil penelitian ini adalah SMA Negeri 4 Palu. Subjek penelitian ini 10 orang siswa, 5 orang guru Sejarah, 1 orang Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum dan 1 orang Kepala Dinas Pendidikan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi karena, penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 4 Palu strategi mengajar guru sejarah sebelum mengikuti bimbingan teknis (kurikulum 2013) pada pelaksanaannya guru menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, guru mengajar memberikan materi dengan cara menyampaikan materi secara verbal atau lisan, guru lebih banyak menjelaskan materi dengan metode ceramah sehingga peserta didik dituntut untuk memahami materi yang diberikan kepada guru. Sasaran utama strategi yang digunakan oleh guru di SMA Negeri 4 Palu pada saat pelaksanaannya adalah kemampuan intelektualnya (aspek pengetahuannya).Pemahaman guru mengenai kurikulum 2013 pasca mengikuti bimbingan teknis, manfaatnya adalah mengetahui indikator-indikator mengajar di dalam kelas seperti perencanaan, metode, perangkat sampai dengan strategi. Strategi yang digunakan oleh guru sejarah di SMA Negeri 4 Palu adalah strategi pembelajaran scientificlearning yaitu proses pembelajaran dilakukan dengan aktivitas siswa yang lebih kreatif untuk mencari dan menemukan. Pelaksanaannya siswa diberikan stimulus oleh guru yang meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan melalui tugas kelompok untuk didiskusikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.