IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI SALAH SATU SARANA PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk menganalisis bagaimana keberhasilan permainan tradisional sebagai wahana pendidikan di sekolah dasar. Pendidikan karakter yang sudah dibina melalui agama, alangkah baiknya jika dibarengi dengan implementasikannya permainan tradisional yang sudah lama dilakukan nenek moyang bangsa Indonesia. Pendidikan karakter tentunya mengarahkan anak akan budi pekerti luhur dan hak ini juga berisi tentang nilai-nilai kejujuran, sopan santun, kerjasama, gotong royon, kedisiplinan, sportivitas dan lain-lain. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini tentunya mempunyai karakteristik dan latar belakang natural, data dianalisis secara induktif. Untuk unsur pedagogis pada permainan tradisional yaitu pemanusiaan manusia kearah kedewasaan/insani. Permainan tradisional ini mengacu dari aspek perkembangan anak terkait dengan kognitif, bahasa, seni, emosi, sosial, dan nilai-nilai luhur bangsa. Hal ini tentunya aspek kecerdasan akademik dan sosial, mental/psikologis anak selalu meningkat dan menjadikan anak untuk menjadi manusia seutuhnya pada derajat tertentu
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyono, N. 2013. Transformasi Permainan Anak Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter,Tahun III, Nomor 1
Elfindri. (2011). Soft Skill untuk Pendidik. Jakarta: Baduose Media
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladanan dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29.
Higgs, C., Balyi, I., Way, R., Cardinal, C., Norris, S., & Bluechardt, M.(2008). Developing physical literacy: A guide for parents of childrenages 0 to 12. Vancouver, BC: Canadian Sports Centres
Kurniati, Euis (2016), Permainan Tradisional dan Perannya dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Anak, Jakarta: Kencana
Maksum, Ali. 2009. Konstruksi Nilai melalui Pendidikan Olahraga. Cakrawala Pendidikan.Tahun. XXVIII, No. 1, hlm. 25-34
Nur, H. (2013). Membangun karakter anak melalui permainan anak tradisional.Jurnal Pendidikan Karakter,(1).https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290
Setiawan, M. H. Y. (2016). Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8.
Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(3), 132-142
Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. jurnal indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 2(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to
Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.