Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas X SMA Negeri 9 Palu Pada Materi Stoikiometri
Abstract
Keywords
References
Alamsyah. (2015). Guru mata pelajaran kimia. SMA Negeri 9 Palu.
Aswirna, P. (2012). Peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia dengan penerapan cooperative learning model jigsaw pada kelas X IPA3 di SMA Negeri 1 Padang. Jurnal Al-Ta’lim, 19(2), 158-165. [Link]
Azizah, N. (2013). Pengaruh metode pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan di SMK Wongsorejo Gombong. Jurnal Penelitian, 1(1), 1-12. [Link]
Barizi & Nasetion, A. (1997). Metode statistika untuk penarikan kesimpulan. Jakarta: PT. Gramedia.
Budiawan, M., & Arsani, A. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu fisiologi olahraga. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 138-144. [Link]
Chu, S.-Y. (2014). Application of the jigsaw cooperative learning method in economics course. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 2(10), 166-172. [Link]
Djarwanto. (1997). Statistik nonparametrik. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Harinaldi. (2005). Prinsip-prinsip statistik untuk teknik dan sains. Jakarta: Erlangga.
Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1). 53- 57. [Link]
Hidayat, A. (2014). Penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama islam untuk peningkatan prestasi belajar kelas 1 B SDN 1 Bantul tahun ajaran 2013-2014. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan SMA Negeri 1 Dempet, Demak. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28-35. [Link]
Marjan, J., Arnyana, P., & Setiawan, N. (2014). Pengaruh pembelajaran pendekatan saintifik terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan proses siswa MA Mu’Allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara barat. E-Jurnal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). 1-12. [Link]
Mengduo, Q & Xiaoling, J. (2010). Jigsaw strategy as a cooperative learning technique: focusing on the language learners. Chinese Journal of Applied Linguistics, 33(4), 113-125. [Link]
Prawoto, A. (2012). Pembelajaran dengan pendekatan based brain learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Bandung: Pascasarjana UPI.
Sianus, S., Syukri, & Marzuki. (2010). Penerapan model pembelajaran jigsaw pada ilmu pengetahuan social untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Jurnal PGSD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. 1(1), 1-15. [Link]
Sugianto, Armanto, D & Harahap, M. B. (2014). Perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan stad ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMA. Jurnal Dikdaktik Matematika. 1(1), 114-128. [Link]
Sujarwanta, A. (2012). Mengkondisikan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik. Jurnal Nuansa Pendidikan, 16(1), 75-78. [Link]
Suparmi (2012). Pembelajaran kooperatif dalam pendidikan multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 1(1), 108-118. [Link]
Tran, V. D., & Lewis, R. (2012). The effects of jigsaw learning on students’ attitudes in a Vietnamese. higher education classroom. International Journal of Higher Education, 1(2), 9-20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By