The Differences on Students’ Learning Outcomes in Grade X at SMA Negeri 1 Parigi Through the Number Head Together (NHT) Learning Strategies and Discussion on the Topic of Redox Reaction
Abstract
Keywords
References
Afadil. (2016). Model pembelajaran problem solving dengan aspek ontologi, epistemologi, eksiologi (Model PS-TRILOGI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep mahasiswa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Arends, R. I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Batubara, F., & Sinulingga, K. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number head together terhadap hasil belajar siswa SMP pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 2(2), 50-54.
Djaali. (2009). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Gultom, S. S., & Situmorang, R. (2014). Perbedaan hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together berbantu lembar kegiatan siswa dengan model pembelajaran langsung pada SMA Negeri 7 Medan TP 2012/2013. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 2(1), 139-145.
Hutagaol, H., & Simatupang, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TP 2012/2013. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 2(2), 63-71.
Ishabu, L. S. (2013). The improve learning results and creativity student to lesson operation count number through cooperative learning type numbered heads together (nht) in class IV SD District 6 3 Ambon-Indonesia. Journal of Mathematical Theory and Modeling, 3(5), 68-72.
Kurniasari, F. (2014). Pengaruh model pembelajaran numbered head together (nht) berbasis realistik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Edutama, 1(2), 35-41.
Lie, A. (2002). Cooperative learning. Jakarta: PT. Grasindo.
Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The implementation of cooperative learning model number heads together (NHT) in improving the students' ability in reading comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education, 5(2), 174-180.
Miftahiyah, F. (2010). Upaya meningkatkan hasil belajar kimia melalui pendekatan keterampilan proses pada materi pokok reaksi oksidasi reduksi (redoks) siswa kelas X MAN Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Munawaroh. (2015). The comparative study between the cooperative learning model of numbered heads together (NHT) and student team achievement division (stad) to the learning achievement in social subject. Journal of Research & Method in Education, 5(1), 24-33.
Nasrun. (2016). The use of cooperative learning with number head together model to improve the students’ mathematics subject. Journal of Mathematics, 12(5), 113-117.
Nasution, S. (1982). Didaktik asas-asas mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Putu, M. D., & Japa, I. G. N. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Semester I SD No 5 Selat Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. E-jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-12.
Rahmawati, Yusrizal, & Hasan, M. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe number head together berbasis metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa pada pokok bahan asam basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 169-180.
Ramlah. (2014). Model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) pada materi termokimia di kelas XI SMA Negeri 6 palu. Skripsi. Palu: Universitas Tadulako.
Rasyid, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered heads together) dan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 2 Poso. Mitra Sains, 3(1), 61-68.
Sari, M., & Surya, E. (2017). Improving the learning outcomes of students using number head together model in the subjects of mathematics. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 311-319.
Setiawan, D. A., Susanti, E. V. H., & Mulyani, S. (2013). Prestasi belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) lebih tinggi dari pada think-pair-share (TPS) pada materi pelajaran tata nama senyawa kimia dan persamaan reaksi kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 11-18.
Siegel, S. (1986). Statistik nonparametrik untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: PT. Gramedia.
Simanjuntak, M. P. (2013). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa smp pada materi gaya dan hukum newton T.P 2012/2013. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 1(2), 107-113.
Trianto. (2010). Model pembelajaran kreatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Walgito, B. (1981). Bimbingan dan penyaluran di sekolah. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Wijayati, N., Kusumawati, I., & Kushandayani, T. (2008). Penggunaan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia , 2(2), 281-286.
Yusuf, R. (2011). Pendidikan dan investasi sosial. Bandung: CV. Alfabet.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By