Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Kode SMILES pada Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu
Abstract
Keywords
References
Akhiriyah, D. Y. (2011). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ips pada siswa kelas v sdn kalibanteng kidul 01 kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 206-209.
Creswell, W. J. (1963). Research Design qualitative & quantitative approaches. U.S.A: SAGE Publication.
Daylight Chemical Information Systems, Inc (2008) Smiles: Simplified molecular input line system. Diunduh kembali dari http:// www.daylight.com/SMILESs/index.html.
Dewi, P. M., Putra, A. K. I., & Negara, O. A. G. I. (2013). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sd di Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur. Mimbar PGSD, 1, 1-10.
Erlin. (2012). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas V SD kanisus cungkup kecamatan sidorejo kota salatiga semester II tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi S1 pada Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Diunduh kembali dari http:// repository.library.uksw.edu/bitstream/ handle/123456789/955/TI_292008236_ BAB%20II.pdf?sequence=3.
Gillies, M. R., & Boyle, M. (2009) Teachers’ reflections on cooperative learning: Issues of implementation. Teaching and Teacher Education, 26(4), 933-940.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mathematics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. 66(1), 65.
Hakim, A. H. R., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengaruh perpaduan metode pembelajaran snowball throwing dengan talking stick terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 11-20.
Hamid, S. (2012). Metode edutaiment. Yogyakarta: Diva Press.
Haryani., Soegiyanto, H., & Astuti, M. G. D. (2013). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk menikatkan hasil belajar struktur bumi. Jurnal Didaktika Dwijaya Indria, 1(6), 1-5.
Husaini., & Purnomo. (2008). Pengantar statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni. (2007). Cooperative learning. Bandung: Alfabeta.
Juniadi. (2009). Pembelajaran kooperatif pada mata kuliah akuntansi pengantar: Suatu eksperimen lapangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 11(2), 55.
Karlina, I. (2004). Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) sebagai salah satu straategi membangun pengetahuan siswa. Diunduh kembali dari http://www.sd-binatalenta.com/arsipartikel/artikel_ina.pdf
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2013). Kompetensi Dasar: Sekolah menengah atas (SMA)/madrasah aliyah (MA).
Kontesa, F. (2012). Pengaruh penggunaan model pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar negeri 01 Salatiga semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Skipsi S1 pada Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Diunduh kembali dari http://repository.library.uksw. edu/jspui/bitstream/123456789/993/3/ T1_292008288BAB%20II.pdf
Lie, A. (2007). Cooperative learning: Mempraktikan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Diunduh kembali dari http://booksgoogle.co.id/books?id=D06wE9 9Ne6wC&printsec=rontcover&h1=id&sour ce=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage& q&f=false
Mukaromah, A., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2013). Peningkatan kreativitas belajar fisika menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Klirong. Radiasi Pedidikan Fisika, 3(2).
Nurani, W. K. W. P. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XIIPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant, 4(1), 1-15.
Prasetyani, D.U. (2010). Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran sq4r (survey, question, read, reflect, recite, review) melalui pendekatan talking stick pada mata pelajaran biologi kelas VIII pokok bahasan sistem peredaran darah di smp negeri 31 Semarang. Skripsi S1 pada Universitas Negeri Semarang. Diunduh kembali dari http://lib.unnes.ac.id/581/1/7101.pdf.
Presiden Republik Indonesia & Dewan Perwakilan Rakyat. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Diunduh kembali dari http//riau.kemenag.go.id/file/file/produkhukum/fcpt1328331919.pdf.
Rambe, J. F. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kondisi fisik wilayah indonesia di kelas VIII-1 MTsN 1 Padangsidimpuan tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Tunas Geografi, 1(1), 1-10.
Rasyid, M., & Side, S. (2011). Pengaruh penerapan pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Bajeng Kab. Gowa (Studi pada materi pokok senyawa hidrokarbon). Jurnal Chemica, 12(2), 67-72.
Ridho, N. (2011). Model pembelajaran kooperatif. Diunduh kembali dari http://skp.unair.ac.id/repository/Gu ru IndonesiatModelpembelajarank_ nurridho_10592.pdf.
Riswati, L. (2012). Keefektifan penggunaan pendekatan cooperative learning dengan metode snowball throwing dalam pembelajaran ips pesertadidik kelas IV SD Gugus Kenanga Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Skripsi S1 pada Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Saftri, T. D. (2011). Metode pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Diunduh kembali dari http://www. Sdikotablitar.Sch.id.
Șimșek, U., Yilar, B., & Kücük, B. (2013). The effects of cooperative learning methods on students’ academic achievements in social psychology lessons. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(3), 5-9.
Sipranata, S. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran perbaikan motor otomotif kelas XI teknologi kenaraan ringan di SMK muhammadiyah 1 Salam. Skripsi S1 pada Universitas Negei Yogyakarta. Diunduh kembali dari eprints.uny.ac.id/9400/.
Sudjana. (2005). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.
Sukertiasih, N. K. (2010). Implementasi pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing pada pokok bahasan limit fungsi untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Saraswati Mataram tahun ajaran 2007/2008. Ganes Swara, 4(1). 1-8.
Sunistini, L. D., Arini, W. N., & Margunayasa. G. I. (2013). Penerapan model snowball throwing berbantuan media sederhana untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SD No 1 Petandakan. Mimbar PGSD, 1, 13-20.
Taștan, O., & Boz, Y. (2010). Effect of cooperative learning on students’ understanding of reaction rate. Diunduh kembali dari http://www.ioste.org/pdf/proceed14.pdf.
Utomo, S. (2014). Personal komunikasi. SMA Negeri 5 Palu.
Wardhiana, S. K. I., Agung, S. A. G. I., & Suniasih W. N. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pkn kelas V SD Negeri 1 Bungbungan. Mimbar PGSD, 1, 35-42.
Yuniati, A. (2012). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup (k3lh) di SMK Negeri 6 Yogyakarta. eprints@UNY, 1(1). Diunduh kembali dari http://eprints.uny.ac.id/7530/1/JURNAL%20SKRIPSI.Pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By