PENGARUH PROBLEM SOLVING LABORATORY MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PERUBAHAN KONSEP FISIKA SISWA SMA NEGERI 5 PALU

Sitti Hadija, Nurjannah Nurjannah, Jusman Mansyur

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh problem solving laboratory menggunakan pendekatan konflik kognitif terhadap perubahan konsep fisika siswa SMA Negeri 5 Palu. Metode yang digunakan adalah the non equivalen, pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Palu tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan tanpa penugasan random dan menggunakan kelompok yang sudah ada (inact group). Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes perubahan konsep bentuk essai. Pengujian hipotesis dilakukan dengan statistik parametrik uji-t pihak kanan pada taraf signifikan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perubahan konsep fisika siswa berupa peningkatan hasil posttest dibandingkan dengan hasil pretest.

Kata Kunci     : Problem solving laboratory, pendekatan konflik kognitif dan perubahan konsep.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats