Page Header

Petunjuk Penulisan Artikel

1. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang pendidikan fisika.  

2. Artikel yang dikirim belum pernah dimuat di media lain (cetak atau online), diketik dengan Microsoft Word, huruf times new roman, ukuran 12 pts, dengan spasi 1,5 pada satu muka kertas A4. Panjang artikel maksimum 20 halaman, dikirim dalam bentuk print-out sebanyak 3 eksemplar disertai file dalam CD. Sebaiknya file dikirim juga ke alamat e-mail: sahrulsaehana@gmail.com.

3. Nama penulis artikel ditulis tanpa gelar akademik ditempatkan di bawah judul artikel disertai nama dan alamat institusi, dan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi. Jika penulis terdiri atas 4 orang atau lebih, yang dicantumkan di bawah judul adalah nama penulis utama; nama penulis lainnya dicantumkan sbagai catatan kaki pada halaman pertama. Dalam hal artikel yang ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis yang namanya ada pada urutan pertama.

4. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan format esai. Judul artikel dicetak dengan huruf kapital. Masing-masing bagian artikel, kecuali bagian pendahuluan, diberi judul bentuk huruf sesuai peringkatnya dengan tidak menggunakan angka/nomor

5. Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran: º judul º nama penulis (tanpa gelar kademik), nama dan alamat institusi, dan alamat e-mail º abstrak º kata-kata kunci (paling banyak lima kata) º pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan º bahan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian) º penutup berisi simpulan dan saran º daftar pustaka minimal 70% terbitan 10 tahun terakhir dan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk.

6. Sumber pustaka sedapat mungkin berupa sumber primer, seperti laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi), atau artikel-artikel hasil penelitian dalam jurnal atau berkala ilmiah. Pencantuman sumber rujukan pada kutipan langsung atau tidak langsung menggunakan teknik penomoran yang ada didaftar pustaka.

7. Daftar rujukan disusun dengan sistematika seperti contoh berikut:

 

Buku:

Suryabrata, S. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

(Rajawali Press).

Aip Badrujaman dan Dede Rahmat Hidayat. (2010). Cara Mudah Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta: Trans Info Media.

 

Jurnal

Salati, S. (2014).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Perhitungan Bilangan 1-100 dengan Menggunakan Media Simpoa di Kelas I SDN Inpres Kautu Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 2. No. 1. Hal. 20-30.

 

Artikel yang Dipublikasikan Secara Online

Pullan, J.M. (1968). Simpoa. (Online). Tersedia: http; //simpoa-wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, html, diakses [2 Juni 2014].

 

8. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah atau APA style atau mencontoh langsung tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat.

9. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bebestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.

10. Pemeriksaan dan penyuntingan cetak coba dikerjakan oleh penyunting dan/atau dengan melibatkan penulis. Artikel yang sudah dalam bentuk cetak-coba dapat dibatalkan pembuatannya oleh penyunting jika diketahui bermasalah.

11. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang timbul karenya, menjadi tanggung jawab penulis artikel tersebut.

12. Sebagai prasyarat bagi pemrosesan artikel, para penyumbang artikel wajib menjadi pelanggan minimal selama satu tahun. Penulis yang artikelnya dimuat wajib membayar kontribusi biaya cetak. Sebagai imbalannya, penulis menerima nomor bukti pemuatan sebanyak 2 (dua) eksemplar dan cetak lepas sebanyak 2 (dua) eksemplar. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.



Indexed by:

 

 

View My Stats