Meningkatkan Hasil Belajar Reading Dalam Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 19 Palu Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation

Gustia Gustia

Abstract


Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Palu pada materi reading dalam Bahasa Inggris. Ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan tersebut, salah satunya yaitu kurangnya interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, begitu pula antar siswa dengan siswa, serta kurangnya pemberian soal-soal yang dapat memacu aktivitas otak siswa untuk lebih aktif. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A, maka peneliti menerapan Metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Reading Dalam Bahasa Inggris. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu bagaimana penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Palu. Untuk menjawab permasalahan diatas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui lembar observasi, wawancara, dan data hasil belajar siswa. Data yang diperoleh disajikan secara kualitatif dan dianalisa secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 19 Palu diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari Pembelajarn dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe Group Investigation dibuktikan dengan adanya peningkatan skor keaktifan siswa dari prasiklus sebesar 53%, kemudian siklus I sebesar 69, dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Keywords


Application of Cooperative Learning Method Type Group Investigation; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta

Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara Budiningsih.

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Joyce, Weil, Calhoun, 2011, Model’s Of Teaching Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudjana, Nana. (2010). Proses danHasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara

Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Zingaro, D. 2008. “Group Investigation : Theory and Practiceâ€. Journal Of Ontario Institute for studies in education (18), 1-8Ernawati. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Problem Based Learning Dan Problen Solving Pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.