KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN

Agus Afandi, Suyuti Suyuti, Hamlan Andi Baso Malla

Abstract


Permasalahan artikel hasil penelitian ini yaitu : Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 1 Dampal Selatan? Bagaimana kinerja guru sejarah di SMA Negeri 1 Dampal Selatan? Tujuan artikel penelitian ini untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru sejarah di SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Artikel hasil penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Sejarah di SMA Dampal Selatan.  Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu : (1) Penelitian Lapangan, (2) Observasi, (3) Wawancara, dan (4) Dokumentasi, kemudian di analisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa Kepala sekolah SMA Negeri 1 Dampal Selatan sudah menjalankan kepemimpinannya dengan baik, hampir semua tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin sudah terlaksana dengan baik dan untuk kinerja guru sejarah di SMA Negeri 1 Dampal Selatan sudah menjalankan tugasnya dengan baik, hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh yakni guru sejarah sudah mampu membuat RPP dan  menyajikan pembelajaran sesuai direncankan di RPP.

 


Keywords


kepemimpinan; kepala sekolah; kinerja guru

Full Text:

PDF PDF

References


Fitrida dan Misnah. 2019. “Implementasi Nilai-Nilai Budaya Kearifan Ekologis Masyarakat Etnik Kaili Di Donggala Dalam Pembelajaran IPS Di SMPN 4 Tanantovea. â€Jurnal Kreatif Online†7(3):103–10.

Anisa Fitriani (2015). Gaya Kepemimpinan Perempuan. Jurnal TAPIs Vol.11

Ayu Dwi Kesuma Putri, Nani Imaniyati (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Rika Ariani (2017). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan profesional guru. Dosen Manajemen Pendidikan Islam STAI MSQ BangkoÂ

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.