Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 Bulagi

I Made Bugi Astra, Hasan Hasan, Mahfud Mahfud

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh motivasi guru terhadap minat belajar mata pelajaran sejarah pada siswa SMA Negeri 1 Torue. Artikel ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitiannya berjumlah 47 siswa yang berada di SMA Negeri 1 Torue. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, kuesioner/angket. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dan interprestasi. Uji hipotesis artikel ini menunjukan bahwa r hitung sebesar 0,863. Hasil uji 〖t 〗_hitung diperoleh lebih besar dibandingkan dengan nilai 〖t 〗_tabel atau 22,701 > 0,288 sehingga H_a diterima dan H_o ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh motivasi guru terhadap minat belajar mata pelajaran sejarah pada siswa SMA Negeri 1 Torue dengan tingkat hubungan sangat kuat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.