Online Submissions
Already have a Username/Password for Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial?
Go to Login
Need a Username/Password?
Go to Registration
Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.
Author Guidelines
AUTHOR GUIDELINES JURNAL NOSARARA
Â
- Naskah dapat  berupa  a)  hasil penelitian, atau b) kajian pustaka yang ditambah pemikiran penerapannya pada kasus tertentu, yang belum dan tidak akan dipublikasikan dalam media lainnya.
- Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan program MS- Word.  Naskah  berupa  soft  copy  di CD  (disertai dua  eksemplar  cetakannya), dengan panjang maksimun sepuluh halaman kuarto 1,5 spasi, format satu kolom font Times Romans, ukuran 11 pt.
- Sistimatika  penulisan  adalah:  a)  Bagian  awal:  judul,   nama  penulis  dan lembaganya  atau e-mail, abstrak  & kata kunci. b) Bagian utama: pendahuluan, permasalahan, tujuan, metode, dan kajian pustaka, c) hasil/pembahasan, d) Bagian akhir: Kesimpulan dan ucapan terima kasih/Acknowledgment (kalau perlu) dan Daftar Pustaka.
- Judul tulisan singkat tapi jelas, menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dibahas,  tidak  memberi  peluang  penafsiran  yang  beraneka  ragam,  ditulis seluruhnya  dengan huruf kapital.
- Nama  penulis  ditulis  di bawah judul tanpa  gelar,  diawali dengan huruf kapital, ditulis  simetri  tanpa  singkatan,  diawali kata  “olehâ€.  Apabila  penulis  lebih  satu orang, nama-nama ditulis pada satu baris. Diikuti dengan nama lembaga atau perguruan tinggi dibaris berikutnya  (ditulis  miring/italic).
-  Abstrak  memuat  inti  permasalahan,  tujuan,  metoda,  hasil  yang  diperoleh.
Abstrak  harus  ditulis  dalam  bahasa  Indonesia  untuk  tulisan  berbahasa  Inggris dan  bahasa  Inggris  untuk  tulisan  berbahasa.  Abstrak  terdiri dari  70-250  kata yang  disusun  dalam  satu  paragraf,  dengan  format  esei  bukan  enumeratif. Abstrak  diketik  dengan spasi tunggal dan dengan format yang lebih sempit dari teks utama (margin kanan dan kiri menjorok masuk beberapa ketukan). Abstrak hendaknya  disertai  dengan  3-5  kata-kata  kunci,  yaitu  istilah-istilah  yang mewakili  ide-ide  atau  konsep-konsep  dasar  yang dibahas  dalam artikel.  Kata- kata  kunci  lajimnya  berupa  kata  dasar  atau kata  yang berdiri sendiri (tunggal) bukan frasa atau rangkaian kata.
7.  Teknik penulisan:
a)       Kata asing ditulis  dengan huruf miring
b)       Alinea  baru dimulai pada  batas  tepi kiri  dengan enam ketukan masuk  dan antar alinea diberi tanda spasi.
c)Â Â Â Â Â Â Â Batas pengetikan: tepi kiri dan atas 3 cm, tepi bawah dan kanan 2 cm.
d)       Rumus  dan  skema  sedapat  mungkin  dibuat  sesuai  kebutuhan  tulisan  (jika dianggap  penting).
e)       Tabel dan gambar harus diberi keterangan (nomor dan judul) yang jelas dan diletakkan di dekat bagian tulisan yang pertama kali merujuknya. Jika memungkinkan dihindari penggunaan tabel atau gambar yang berlebihan.
f)        Sumber  rujukan dituliskan dalam uraian hanya terdiri dari; nama penulis dan tahun penerbitan. Nama penulis tersebut harus tepat sama dengan nama yang ditulis  dalam daftar rujukan.
g)Â Â Â Â Â Â Â Dimensi Mekanik.
-       Ukuran dasar  kertas  adalah  20,5   X     29   sentimeter (bersih),. Kertas untuk    isi  jurnal  adalah   Hout  Vrij  Schriff (HVS)   70  gram berwarna putih. Warna dasar tinta untuk isi jurnal adalah  hitam.
-       Tata Huruf  dan Tata Letak. Huruf yang digunakan pada seluruh halaman adalah serif,  Times  New  Roman  , kecuali untuk keperluan khusus. Judul jurnal  menggunakan  huruf   Times  New Roman   18  tegak-tebal.  Tulisan lainnya  pada  halaman kulit  menggunakan huruf   Times New Roman  30 butir  tegak-tebal.  Huruf  Times  9  butir  tegak  (kecuali nama  jurnal 11 butir),  dan  isi  tabel/gambar/diagram.  Huruf Times  New  Roman   9  butir tegak-  tebal,  digunakan  untuk  jabatan  dan  alamat  pada  halaman judul serta  judul tabel/gambar/bagian/foto  pada  teks  induk  .  Huruf   Times  11 butir  digunakan  untuk  abstrak,  kata-kata  kunci,  kutipan  blok,  catatan akhir, daftar rujukan, subbab peringkat I dan lampiran, dengan modus tegak/miring/tebal  dan  kapital/kecil.  Huruf  Times  II  butir     digunakan untuk  nama  penulis,  teks  induk,  dan  judul  subbab  selain  peringkat  I, dengan  modus  tegak/miring/tebal dan  kapital/kecil.  Huruf Times  14  butir kapital-kecil tebal digunakan untuk judul artikel.
-       Spasi   antar   huruf   menggunakan   jarak   normal.   Spasi   antarkata menggunakan  jarak  normal.  Spasi antarbaris  disesuaikan  dengan  ukuran huruf  (“0â€)pada  pengaturan  spacing.  Spasi  antarparagraf  menggunakan sistem  inden  tanpa  spasi,  kecuali  paragraf  pertama  artikel yang  tanpa identasi. Spasi antara paragraf  dengan judul subbab di atasnya adalah 3 mm; dengan judul subbab dibawahnya adalah  3 mm; dengan judul tabel dibawahnya adalah 8 mm; dengan bagian di bawah atasnya adalah  3 mm; dengan  bagian  bawah   tabel di atasnya  adalah  3  mm;  dengan foto  tak berjudul di  atas/bawah/sampingnya  adalah 3 mm.
-       Judul artikel dicetak  15  mm di bawah tepi atas, dengan huruf kapital – kecil tebal. Judul subbab peringkat I dicetak kapital semua, rata tepi kiri, tebal,  peringkat 2  dicetak  kapital kecil,  rata  tepi kiri,  tebal; peringkat 3 dicetak kapital-kecil,  rata tepi kiri, miring  – tebal.
-       Catatan    kaki  yang  berisi  identitas  penulis,  asal  lembaga,  dan  sumber tulisan dicetak  pada  bagian bawah halaman pertama artikel dengan huruf miring dipisahkan dengan bagian teks oleh garis tebal.
-       Foto  untuk  penjelas  uraian  dapat  dimuat.  Foto  penulis  artikel  tidak diperkenankan.  Foto  ditempatkan pada  batas  tepi (kiri atau  kanan)  teks utama, dan tidak boleh keluar dari tepi teks induk (body text) Judul foto dicetak  di bawah   foto  dengan huruf kapital-kecil. Tanda pisah (-) dalam cetakan    ditulis  dengan  satu  garis  panjang  (-).  Butir-butir  teks  yang disajikan tanpa maksud   mengurutkan diberi tanda bulet (  ‚ ) atau kotak hitam.
h)Â Â Â Â Â Â Â Pengutipan menggunakan aplikasi Mendeley atau Zotero dengan APA Style.
Contoh Daftar Pustaka:
Agra, G., Formiga, N. S., Oliveira, P. S. de, Costa, M. M. L., Fernandes, M. das G. M., & Nóbrega, M. M. L. da. (2019). Analysis of the concept of Meaningful Learning in light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2017-0691
Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Bidaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1), 127–150.
Baco, B., Nuriah, T., & Idris, A. (2018). Development of Local Historical Learning Resources South Sulawesi Based on Character Education in Department of Historical Education Faculty of Social Science at State University of Makassar. American Journal of Educational Research, 6(3), 220–237. https://doi.org/10.12691/education-6-3-10
Danoebroto, S. W. (2015). Teori Belajar Konstruktivis. P4TK Matematika, 2, 191–198. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/2016/01/7_Sri-Wulandari-D.pdf
Fitriyadi, H. (2015). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–284. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255
Herlina. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Budaya Lokal Berbasis Bahan Pembelajaran Hypercontent di SD Kota Palu. Universitas Negeri Jakarta.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.
Hidayat, A. (2016). Menteri Yohana Buat Aturan Larangan Siswa Bawa HP ke Sekolah. Tempo. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/744761
Hossain, M. (2019). Impact of Mobile Phone Usage on Academic Performance. World Scientific News, 118(January), 164–180.
Huda, K., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2017). Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Di Sekolah Menengah Atas Keberbakatan Olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 6(1), 28–34.
Indah Mutiara Kami. (2019). Viral HP Siswa Dihancurkan Pakai Palu, Ponpes Ngabar Beri Penjelasan. Detik.Com. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4598377
Isa, Y. (2015). Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(2), 73–83. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/10226
Jahja, R. S., & Septiandini, D. (2015). Praktik Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Sosiologi. Indonesian Journal of Sociology and Education Policy, 2(1), 1–23. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=809920&val=13228&title=Praktik Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Sosiologi
Jamani, H., Arkanudin, & Syarmiati. (2013). Perilaku Siswa Pengguna Handphone: Studi Kasus pada Siswa SMP Negeri 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Tesis PMS, 1–14.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud no 67 kerangka dasar struktur kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud ) No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Mardianto. (2019). Peran Guru di Era Digital dalam Mengembangkan Self Regulated Learning Siswa Generasi Z untuk Pencapaian Hasil Pembelajaran Optimal. Seminar Nasional " Menjadi Siswa Yang Efektif Di Era Revolusi Industri 4.0, 150–157.
Misnah. (2009). Dinamika Kebudayaan Balia Pada Suku Kaili Setelah Masuknya Islam Abad Ke XVII Di Sulawesi Tengah. Makassar.
Misnah. (2019). Belajar Melalui pengalaman Historis (BMPH) Pada siswa SMP di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. LPPM- Universitas Muhamadiyah. Tasikmalaya, 154–161.
Misnah, M., Supriatna, N., Sjamsuddin, H., Ali, M., & Ratu, B. (2018). Preserving Culture Wisdom of Nosialampale by Means Ethno Pedagogical Approach in Teaching of History . Advanced Science Letters, 24(11), 8236–8238. https://doi.org/10.1166/asl.2018.12531
Putra, Y. M. P. (2018). Regulasi Pembatasan Ponsel pada Anak. Republika.
8.  Atikel  dikirim  ke  Redaksi  Jurnal  Nosarara  paling  lambat  satu  bulan  sebelum
waktu terbit,     Alamat Redaksi: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas tadulako.  Bumi Kaktus Tondo  Palu, Dr. Misnah HP 0853953222705– Dr. Mahfud 081357236221,
E-mail: nosararajurnal@gmail.com
Website:Â http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/nosarara
9.  Artikel  yang  sampai  ke  redaksi  akan  mengalami  menyuntingan  isi dan format, untuk  selanjutnya  ditentukan: (a) diterima  tanpa  pebaikan,  atau       (b) diterima dengan  perbaikan  oleh  penyunting  ahli,  (c)  diterima  setelah  diperbaiki  oleh penulis,  atau dikembalikan karena kurang memenuhi  persyaratan.
10. Kepastian  pemuatan  atau  penolakan  naskah  akan  diberitahukan secara  tertulis.
Bagi  yang  artikelnya  dimuat  akan  mendapat  imbalan  berupa  nomor  bukti pemuatan  sebanyak  2  (dua)  eksemplar.  Artikel yang tidak  dimuat  tidak  akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis dan disertai dengan perangko secukupnya  serta alamat lengkap penulis.
Â
Pengelola Jurnal Nosarara
Submission Preparation Checklist
As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
- The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
- The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
- Where available, URLs for the references have been provided.
- The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
- The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
- If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.