SOSIALISASI KUALITAS KOPI YANG BEREPUTASI DALAM PERLINDUNGAN MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS

Ratu Ratna Korompot, Marini Citra Dewi, Adiguna Kharismawan

Abstract


Prospek perkembangan tanaman kopi di Sulawesi Tengah, khususnya wilaya Poso, Kecamatan
Lore Timur, sangat baik. Hal ini dengan makin giatnya petani menanam Kopi jenis Arabika, sehingga
penting kiranya memberikan sosialisasi terhadap Merek dan Indikasi Geografis.  Tujuan sosialisasi
adalah untuk memberikan informasi terhadap para petani, penggiat kopi dan masyarakat pada
khsusunya wilayah yang memiliki areal tanaman kopi.  Mengingat pentingnya pedaftaran merek serta
perlunya sertifikat Indkasi Geografis.  Agar target memenuhi permintaan dan bereputasi berkualitas
eksport bisa tercapai.  Bisa bersaing di perdagangan Internasional.  Peneliti bermitra dengan
pendamping penyuluh lapangan di wilyah Lore Timur, metode yang digunakan adalah penyuluhan
dilapangan dengan dengan mensosialisasikan UU Merek dan Indikasi Geografis.  Hasil pengabdian
masih belum merasa penting untuk melakukan pendaftaran merek, target utama petani dan penggiat
kopi, hasil panen dan produk bisa laku di jual di pasaran.  Serta belum memahami apa dan mengapa
harus ada sertifikat Indikasi Geografis.  Pentingya dengan adanya sertifikat indikasi geografis nilai
kopi dan produk kopi menjadi bereputasi dan dapat bersaing untuk layak eksport

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.