Editorial Policies

Focus and Scope

Fokus jurnal ini adalah didedikasikan untuk mempublikasikan hasil-hasil kegiatan Pengabdian yang dilakukan oleh Dosen.  Jurnal ini merupakan merupakan jurnal multidisiplin ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan diterbitkan Universitas Tadulako.

Scope jurnal ini yaitu hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang :

  1. Pengembanagn sumber daya manusia
  2. Teknologi tepat guna
  3. Pengembangan ekonomi, kewirausahaan, koperasi, industri kreatif, dan UMKM,
  4. Sosial
  5. Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Kehutanan
  6. Kesehatan dan gizi

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Editor In chief akan melakukan penilaian awal dari setiap naskah yang diajukan berdasarkan kecocokannya dengan panduan penulisan, fokus dan ruang lingkup Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Jika naskah yang dikirimkan memenuhi kriteria ini, Editor In Chief menugaskannya kepada salah satu anggota Tim Editorial (editor Bagian) yang akan melakukan penilaian kedua dari naskah tersebut berdasarkan pada prestasi ilmiah dan validitas artikel dan pengaruhnya. metodologi, relevansi artikel, minat topik kepada pembaca, dan penyajian dan pemahaman artikel itu sendiri.

Jika naskah yang dikirimkan cocok untuk dikirim ke reviewer, naskah yang dikirimkan ditinjau oleh satu atau dua anggota Reviewer jurnal yang tidak memiliki potensi konflik kepentingan dan sesuai bidang kajian artikel tersebut. Jika editor tidak menemukan reviewer spesifik untuk naskah yang dikirimkan, mereka akan mencari spesialis lain dari topik yang bereputasi setara dan berdasarkan pada keahlian dan kedudukannya di bidangnya. Proses review dilakukan secara blind.

Peninjau akan mengembalikan rekomendasi dan laporan mereka kepada editor, memberikan komentar umum kepada editor dan baik komentar umum maupun khusus kepada penulis. Komentar konstruktif yang mungkin membantu penulis meningkatkan hasil penelitian mereka dan disampaikan secara anonim. Setelah itu, editor menilai mereka secara kolektif, dan kemudian membuat keputusan, baik sendiri atau berkonsultasi dengan editor lain tentang apakah akan menolak naskah. Keputusan akhir tentang penerimaan untuk publikasi terletak pada Editor in Chief.

Editor akan mengkomunikasikan keseluruhan hasil evaluasi (ditolak, diterima atau diterima dengan modifikasi), termasuk komentar peninjau. Manuskrip yang direvisi dapat dikenakan review lebih lanjut jika sesuai

 

Publication Frequency

Terbit 2 kali dalam setahun

 

Open Access Policy

Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat adalah jurnal akses terbuka yang menyediakan akses langsung, di seluruh dunia, bebas hambatan ke teks lengkap dari semua artikel yang diterbitkan tanpa biaya pembaca atau lembaga mereka untuk akses. Pembaca berhak membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap dari semua artikel di Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Indexing

1. Google Scholar

2. Garuda

 

Publication Ethics

Tanggungjawab Editor

  1. Editor Jurnal Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat bertanggungjawab dalam memutuskan artikel yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan redaksi. Editor dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penerimaan artikel, tim editor berasaskan pada asas kesamaan perlakuan.
  3. Dalam proses review jurnal dan pengambilan keputusan publikasi (artikel), tim editor tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  4. Editor dan tim editorial tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  5. Naskah (artikel) yang tidak diterbitkan setelah diajukan tidak akan digunakan oleh penelitian editor sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggungjawab Reviewer

  1. Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/artikel yang masuk
  2. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi arikel yang direview
  3. Review  naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  4. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, dan plagiarisme atas artikel yang direview.
  5. Reviewer menjaga kerahasiaan informasi untuk keuntungan pribadi.

 Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan artikel hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa plagiasi, dan manipulasi data.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
  3. Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi berupa orisinalitas karya, tidak plagiat, dan belum pernah diterbitkan di jurnal atau publikasi lain.
  4. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  5. Penulis harus menulis naskah atau artikel secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan kepenulisan ilmiah yang berlaku.
  6. Penulis dilarang mengirimkan/menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau publikasi.
  7. Penulis tidak berkeberatan jika naksah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.

Tanggungjawab Penerbit

  1. Universitas Tadulako sebagai penerbit Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat yang dikelola oleh Lembaga Penenelitian dan Pengabdian Masyarata bertanggungjawab menerbitkan artikel yang setelah melalui proses editing, peer review, layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. JPPM bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya maisng-masing.
  3. JPPM bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

 

Author Fee

Pengajuan Artikel: 0.00 (IDR)

Review Cepat: 0.00 (IDR)

Publikasi Artikel: 150000.00 (IDR)

 

Policy of Screening for Plagiarism

Semua Artikel harus bebas dari konten plagiarisme. Semua penulis disarankan untuk menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiarisme untuk melakukan pengecekan kesamaan.

Editor memeriksa deteksi plagiarisme artikel dalam jurnal ini dengan menggunakan perangkat lunak iThenticate.

 

Journal Template

Download

 

Bibliography Tools

Writing Bibliography using the ZOTERO Application, namely styleAPA

 

License & Copyright

Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan kepada Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat dan Universitas Tadulako sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.

Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat dan Universitas Tadulako, dan Redaksi berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan di Biosferjpb adalah tanggung jawab masing-masing penulis dan pengiklan.

Pengguna situs web ini akan dilisensikan untuk menggunakan materi dari situs web ini setelah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0. Silakan gunakan materi yang sesuai.



Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

Anda bebas untuk:

  • Bagikan, salin, dan sebarkan ulang materi dalam media atau format apa pun
  • Adaptasi, remix, transformasikan, dan bangun berdasarkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.
  • Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.