PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH ALKHAIRAAT PALU MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH

Riri Anggraeni, Alamsyah Alamsyah, Arfanita Arfanita

Abstract


Pendidikan dasar sekolah memiliki peran strategis dalam mencapai tujuan pendidikan
nasional. Peraturan baru sebagai syarat naik golongan bagi guru menjadi masalah berat yang
dirasakan oleh Guru Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Palu. Kondisi ini dikarenakan guru tidak terbiasa
menulis atau melakukan penelitian. Selain itu masih banyak guru meminta orang lain untuk dibuatkan
karya ilmiah ketika ingin naik pangkat dan golongan. Bahkan beberapa guru tidak tahu bagaimana
cara mengirim artikel ke jurnal. Untuk mengatasi permasalahan guru dilakukan pelatihan penulisan
karya ilmiah dalam meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan pengabdian yang dilakukan meliputi
pendidikan/ceramah, praktek/pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan pengabdian kepada
masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Alkhaeraat Palu berjalan dengan lancar. Tingkat kepuasan peserta
dalam mengikuti pelatihan yang menyatakan puas sebesar 98,5%. Sedangkan yang menyatakan belum
puas sebesar 1,5%. Peserta yang menyatakan tidak puas disebabkan kemampuan peserta yang belum
paham bagaimana mencari referensi menggunakan komputer. Kegiatan pelatihan ini menjadi penting
dalam meningkatkan kompetensi guru dalam penulisan karya ilmiah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.