PENANGANAN CEDERA OLAHRAGA MELALUI METODE PRICE, SPORT MASSAGE, PEMASANGAN KIESIO TAPIN PADA ATLET VOLI

Hendriana Sri Rejeki, Hendrik Mentara, Marhadi Marhadi, Sardiman Sardiman, Rahmah Rahmah

Abstract


Pengamatan dan wawancara kepada pelatih dan atlet bola voli kec. Lambunu dari 20 atlet yang pernah mengalami cedera sebesar 65% (13 atlet) dan sebesar 35% (7 atlet ) belum pernah mengalami cedera. Cedera atlet bola voli kec. Lambunudari 20 atlet sebagian besar cedera pada bagian ankle 55% (11 atlet) untuk cedera pinggan sebesar 10% (2 atlet) untuk cedera lengan sebanyak 20% (4 atlet) dan nyeri pada otot sebesar 15 % (3 atlet). Data wawancara yang diperoleh dari data observasi yang dilakukan pada atlet bola voli kec. Lambunu mengenanai pengetahuan tetang recovery terkait tindakan P.R.I.C.E, sport massagedan pemasangan kinesio tape masih sangat kurang, sebagian pelatih dan atlet tidak tahu tetang apa itu P.R.I.C.E, sport massage sudah tau tapi hanya sekedar massage tardisional dan kinesio tape mereka sudah tau tapi belum tau cara pemasangan serta keguanaanya untuk apa.masalah dan situasi serta kondisi sebenarnya :1) terjadi cedera dilpangan dan penanganan tidal tepat, 2) kurangya tenaga messeur di atlet kec. Lambunu, 3) banyak terjadi saat bertading namun atlet , pelatih dan official tidak tau cara penangananya yang benar dengan pencekatan PRICE, 4) Kurangnya pengetahuan pelatih dan atlet tentang pengunaan kinesio tape. Kegiatan dilaksanakan dengan cara tatap muka dan praktek tindakan P.R.I.C.E, sport massage dan pemasangan taping berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini ditandai dengan hasil peserta yang mengikuti sebanyak 20 orang peserta yang berlatar belakan pelatih dan atlet bola voli kec. Lambunu dan tempat penyelengara pelatihan yaitu dikantor camat lambunu setelah pendamoingan kegiatan dilaksanakan maka dapat disimpulkan secara keseluruhan kegiatan pegabdian kepada masyarakat dapat dikatakan berhasil dengan melihat hasil dari komponen setelah kegiatan pendampingan sebanyak 15%, atau sebanyak 3 orang dari jumlah peserta yang malakukan kesalahan dan sebanyak 55%, atau 11 orang yang mampu menjadi messeur handal dan sebesar 30%, atau 6 orang mampu memasang kinesio taping dengan benar. Diharapkan dari kegiatan pegabdian

Keywords


Cedera, Olahraga, Price, Massage, Tapin

Full Text:

PDF

References


Hendra Hasibuan, Muchtar, and Yansen H. Jutalo. 2020. “Pengaruh Sport Massage Terhadap Penurunan Kadar Asam Laktat Pada Kop Sepak Bola Universitas Negeri Jakarta.” Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education 4(1):37–42. doi: 10.21009/jsce.04106.

Marhadi1, Didik Purwanto2, Hendrik Mentara3, Tri Murtono4, and Pendidikan. 2020. “Sebaran Cedera Pemain SSB Di Kota Palu Hasil Wawancara.” 33–39.

Maulana, Abu Rizal, and Mohammad Faruk. 2018. “Survei Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola SSB Indonesia Muda Surabaya: Studi Pada Kelompok Umur

19 Tahun SSB Indonesia Muda Surabaya.” Jurnal Prestasi Olahraga 1–11.

Meliala, Ekarina Kamanita br. 2019. “Analisis Kondisi Fisik Atlet Putra Floorball Universitas Negeri Surabaya.” JOSSAE : Journal of Sport Science and Education 3(2):81. doi: 10.26740/jossae.v3n2.p81-93.

Musrifin, Arif Yanuar, and Andi Anshari Bausad. 2021. “Pengaruh Sport Massage Terhadap Kecemasan Olahraga Atlet Futsal Undikma.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7(2):183–89.       doi:10.36312/jime.v7i2.2012.

Rofik, Nur ; Rohman, Fatkur. 2022. “TINGKAT PENGETAHUAN PENANGANAN          CEDERA OLAHRAGA METODE PRICES ( PROTECT , REST , ICE , COMPRESSION , ELEVATION , SUPPORT ) PADA ATLET BOLATANGAN Moh Nur Rofik Fatkur Rohman Kafrawi.” 245–52.

Syamsyul,    Adiputra    LMISH,    and    SI Lesmana. 2015. “Penerapan Kinesio Taping Lebih Efektif Daripada Bandage Elastic Pada Intervensi Latihan Stabilisasi Terhadap Penurunan Nyeri Akibat Cedera Ligamen Kolateral Medial Sendi Lutut.” Sport and Fitness Journal 3(3):62–71.

Yuliawan, Ely, and Iwan Budi Setiawan. 2019. “Sosialisasi Pencegahan Dan Rehabilitasi Cedera Olahraga Menggunakan Kinesio Taping Pada Sekolah Sepak Bola Lambur Ii.” Cerdas Sifa 1(2):47–55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.