PELATIHAN KETERAMPILAN PENAKSIRAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BERHITUNG BAGI GURU MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Evie Awuy, Tegoeh S. Karniman, Linawati Linawati, Muh Rizal

Abstract


Keterampilan menafsirkan memiliki peran esensial dalam menyelesaikan masalah matematika, terutama pada materi berhitung. Hasil Observasi mengindikasikan tingkat kesulitan yang dihadapi guru dalam mengefisienkan waktu pengerjaan soal bagi siswa. Bersarkah hasil tersebut dibutuhakan pelatihan untuk penguatan kemampuan penafsiran pada guru matematika di Kelurahan Mamboro. Hasil pelatihan keterampilan penafsiran pada guru matematika dapat disimpulkan bahwa antusias guru dalam mengikuti pelatihan cukup tinggi. Keterampilan penafsiran yang dimiliki memberikan pengalaman tambahan dalam membangun suasana pembelajaran lebih bermakna

Keywords


pelatihan, keterampilan menafsirkan

Full Text:

PDF

References


Karsime, Khaeruddin, dan Herman. (2019). Analisis Kemampuan Menafsirkan dalam Pembelajaran Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 12 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(3) 63-70. Rizal & Anggraini, 2013 Pengembangan model pembelajaran penaksiran berhitung di sekolah dasar berdasarkan proses berpikir, Hasil Penelitian Fundamental, tidak dipublikasikan. Wawan. (2016). Membangun Kemampuan Estimasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Matematika Realistika Indonesia (PMRI). Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1) 103-119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.