PELATIHAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU TANAH BERBASIS WEB PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA PALU

Syaiful Hendra, Hajra Rasmita Ngemba

Abstract


Pelayanan di bidang pertanahan khususnya pada proses permohonan hak atas bidang tanah terlalu lama, berbelit-belit dan tidak adanya keterbukaan terkait dengan biaya permohonan hak atas bidang tanah sehingga banyak pemohon yang mengeluh terhadap biaya permohonan yang terlalu mahal . Sehingga perlu adanya sistem dan pelatihan pegawai bagaimana memanfaatkan sistem dalam pelayanan pengurusan tanah. Pengabdian ini dilakukan selama satu hari dengan metode praktek langsung menggunakan aplikasi peminjaman buku tanah. Mitra dalam penelitian ini adalah ART/BPN Kota Palu. Hasil pengabdian dari wawancara dengan pimpinan sangat baik dan diharapakn dilakukan pelatihan selanjutnya dengan durasi yang lebih lama.


Keywords


Pelayanan Tanah, Sistem, Buku Tanah

Full Text:

PDF

References


Andi M.Zulfikar. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Aspirasi Publik dan Pengaduan Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Sidrap. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 107.

Ardani, M. N. (2019). Peran Kantor Pertanahan dalam Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Gema Keadilan, 6(1), 44. https://doi.org/10.14710/gk.6.1.44-62

Aurumbita, Y. N., & Rachmawati, R. (2013). Pemanfaatan Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Unit PelayananInformasi Dan Keluhan (Upik) Di Kelurahan Suryatmajan, KotaYogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia, 2(3), 243–251.

Dea, M. H., Arsin, F. X., Kenotariatan, M., Hukum, F., Indonesia, U., Diterima, N., Diterbitkan, N., Pertanahan, P., & Online, B. (2022). ONLINE DALAM MEMBANTU PPAT MENJALANKAN. Justicia Sains: Jurnal Ilmu Hukum, 06(02), 263–282.

Dina, P. V. (2015). Kinerja Pelayanan Badan Pertanahan Nasional. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 13(1), hlm. 243-248.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Jawahir, Soaedy, S., & Rozikin, M. (2015). Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Pertanahan Dalam Prespektif Administrasi Publik. Jurnal Administrasi Publik, 3(12), 2084–2088. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/1063

Kusumawati, A. H., Rohmah, M., Sofyan, R. A., & Malang, U. M. (n.d.). DI KOTA BATU penanaman modal dan investasi di Indonesia semakin penting untuk. PROSIDING SIMPOSIUM NASIONAL, 334–356.

Lany, B. (2015). Inovasi Program Pelayanan Sertifikat Tanah (Studi Tentang Layanan Rakyat Sertifikat Tanah (LARASITA) Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 3(1), 134–138.

Razak, M. A., Patittingi, F., & Maskun, M. (2020). Pemetaan Sertipikat Secara Digital (Plotting) dalam Memberikan Kepastian Hukum Terhadap Hak Atas Tanah. Petitum, 8(2), 143–156. https://doi.org/10.36090/jh.v8i2.818

 

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.