PELATIHAN PENERAPAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT BERBASIS APLIKASI DATA OFFICE PADA GURU BK DI KECAMATAN P ALU UTARA

Ridwan Syahran, Mardi Lestari, Azam Arifyadi, Muh. Mansyur Thalib

Abstract


Permasalahan umum dalam pengabdian ini yakni; 1) Guru bimbingan dan konseling di kecamatan palu utara belum mampu memanfaatkan teknologi secara optimal dalam memberikan layanan bimbingan pribadi-sosial pada siswa di kecamatan palu utara; 2) Guru bimbingan dan konseling di kecamatan palu utara belum mampu memberikan layanan penerapan teknik behavior contract berbasis aplikasi data office pada siswa di kecamatan palu utara. Subjek pengabdian ini adalah 20 guru SMP dan SMA di Kecamatan Palu Utara. Target luaran dalam pengabdian ini dalam bentuk print out pelatihan berupa x-banner dan CD aplikasi data office teknik behavior contract yang dapat digunakan sebagai strategi pelayanan bimbingan pribadi-sosial bagi guru di kecamatan palu utara yang dapat dipergunakan selanjutnya pada unit penyelenggara layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Luaran utama pengabdian ini adalah dapat di terima di Prosiding lokal pada seminar nasional Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Keywords


Teknik behavioral contract, bimbingan kelompok, agresif non-verbal siswa, bimbingan dan konseling data office.

Full Text:

PDF

References


Divayana, Dewa Gede Hendra, et al. (2017). Pemberdayaan materi ajar berbentuk digital menggunakan aplikasi open office sun microsystem bagi guru-guru sma se-kecamatan ubud. WIDYA LAKSANA, 5(2), 69–75.

Jamilludin, Muhammad, Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M. J. (2019). Group Counseling with Behavior Contract Technique to Reduce Verbal Aggressiveness Behavior. Jurnal Bimbingan Konseling, 179–184.

Sofa, U. (2017). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavior Contractuntuk Mengurangi Perilakuagresif Siswa Yang Kurang Perhatian Orangtua. Universitas Muria Kudus.

Triyanto, A. (2008). Pengembangan Aplikasi Instrumen Asesmen Bimbingan dan Konseling dengan Spreadsheet. Konvensi Nasional III Ikatan Instrumentasi Bimbingan Dan Konseling (IIBKIN).

Wade, Regina Ayu Prameswari, Ari Yanuar Yanuar, and R. A. (2015). Pengembangan Aplikasi E-office Pencatatan Dokumen Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Dengan Menggunakan Metode Rad. EProceedings of Engineering.

Wahyuni, S. (2016). Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Teknik Kontrak Perilaku (Behavior Contract) di TK ABA Pakis. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(3), 270–278.

Winkel. WS, H. (2006). Bimbingan dan Konseling di Instusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.