PENDAMPINGAN PEMETAAN PARTISIPATIF SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA

Iwan Alim Saputra, Rahmawati Rahmawati, Rendra Zainal Maliki

Abstract


Implementasi kesiapsiagaan bencana yang termuat dalam Rencana Nasional Penanggulangan Bencana 2010-2014 mengisyaratkan bahwa seluruh masyarakat Indonesia turut serta dalam penanggulan bencana. Sekolah sebagai institusi penyelenggara pendidikan, yang memiliki tanggung jawab dalam perlindungan secara khusus kepada peserta didik (siswa) harus mampu mengelola resiko bencana sesuai dengan ancaman yang ada di sekitarnya (UU Perlindungan Anak No. 23 Tahun 2003; Permendikbud No. 33 Tahun 2019). Oleh karena itu, tim pengabdi menginisiasi dengan kegiatan pendampingan kepada sekolah dalam mengidentifikasi potensi di sekolah dengan pemetaan partisipatif satuan pendidikan. Tujuan pengabdian adalah mendampingi mitra (madrasah) dalam memahami lingkungan di sekitarnya, khususnya dalam pelaksanaan program satuan pendidikan aman bencana. Metode terapan yang digunakan terbagi menjadi dua cara, yaitu sosialisasi dengan Focus Group Discussion (FGD) dan workshop. Kegiatan pertama meliputi pemamahan tentang pendidikan kebencanaan dan satuan pendidikan aman bencana. Kegiatan kedua dilaksanakan dengan workshop pembuatan peta 3D dan identifikasi jalur evakuasi madrasah. Kegiatan tersebut juga mencakup dengan deskripsi evaluasi terkait pelaksanaan dan produk hasil kegiatan serta rencana tindak lanjut. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah setidaknya terbagi menjadi dua (2) capaian yaitu meningkatnya pemahaman komunitas satuan pendidikan (madrasah) dalam kebencanaan dan mitigasi bencana, terutama dalam mengenali lingkungan sekolah dan terprogramnya kegiatan lanjutan yang berupa evaluasi dokumen Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), pembentukan tim siaga bencana, dan kegiatan simulasi kebencanaan. Hasil kegiatan ini dapat juga menjadi rujukan dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung SPAB.

Full Text:

PDF

References


Avianto Amri, Deanne K. Bird, Kevin Ronan, Katharine Haynes, and Briony Towers (2017) Disaster Risk Reduction education in Indonesia: Challenges and Recommendations for Scaling up. Nat. Hazards Earth Syst. Sci., 17. pp. 595-612 doi:10.5194/nhess-17-595-2017

Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana (2011) Konsorsium Pendidikan Bencana Indonesia

Undang-undang Perlindungan Anak No. 23 Tahun 2003

Rivi Neritarani dan Stara Asrita (2018) Participatory Mapping Sebagai Sarana Pendidikan Kebencanaan Untuk Peningkatan Kapasitas Elemen Sekolah Dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana Di Smk Negeri 1 Bantul. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat: Implementasi Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat. Hal 259-264. Lembaga Pengabdian Masyarakat AMIKOM Yogyakarta.

Permendikbud No. 33 Tahun 2019 tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana.

Rencana Nasional Penanggulangan Bencana 2010-2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.