Pelatihan Penggunaan Aplikasi Exampatra bagi GuruBahasa Indonesia untuk Pelaksanaan PTS dan PAS di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu

sitti harisa, Sahrudin Barasandji, Idris Pattekai

Abstract


Pentingnya media pembelajaran dalam menunjang proses pembelajaran seringkali terabaikan oleh guru dengan berbagai alasan. Diantaranya terbatasnya waktu untuk mempersiapkannya, sulit mencari media yang tepat, dan juga tidak tersedianya cukup dana. Program pengabdian pada masyarakat ini memiliki tujuan untuk mengenalkan penggunaan aplikasi EXAMPATRA sebagai media alternative bagi guru bahasa Indonesia untuk digunakan pada pelaksanaan penialian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS). Aplikasi exampatraadalah aplikasi Computer Based Test (CBT) yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan ujian di sekolah. Exampatra sebuah aplikasi yang didesain mirip dengan CBT UNBK sehingga bisa digunakan untuk Tryout bagi sekolah yang telah menerapkan UNBK.

Metode yang digunakan adalah metode ceramah, Tanya jawab, workshop, dan praktik. Jumlah biaya yang diperlukan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebesar enam juta rupiah. Selanjutnya pelatihan diadakan di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu selama 3 bulan mulai bulan Juli s.d. bulan Oktober 2020. 

Hasil pelaksnaan kegiatan pengabdian ini mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam memahami proses dan cara kerja sistem aplikasi Exmpatra mulai dari proses install sampai dengan penggunaannya. Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat baik dari pihak sekolah, terbukti dengan harapan pihak sekolah tempat pelaksanaan kegiatan.

Keywords


Aplikasi, Exampatra, PTS, PAS

Full Text:

PDF

References


-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.