PENGARUH E-COMMERCE DAN KUALITAS PRODUK EMINA TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN PRODUK EMINA

Vivi Fitriyanti, Sampurno Sampurno, Derriawan Derriawan

Abstract


ABSTRAK

 

Salah satu pemanfaatan teknologi dalam industri kecantikan adalah penggunaan E-Commerce untuk kemudahan dalam pembelian produk kecantikan sehingga dapat meningkatkan kepuasan serta loyalitas konsumen. Salah satu produk yang telah menggunakan sistem e-commerce adalah produk emina. Pengembangan strategi pemasaran e-commerce yang diberlakukan oleh emina serta kualitas produk yang baik sangat membantu peningkatan penjualan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-commerce dan kualitas produk Emina terhadap kepuasan serta dampaknya pada loyalitas konsumen proudk Emina. Sebanyak 155 responden yang berusia 13 – 50 tahun yang pernah menggunakan produk Emina dan pernah membeli produk Emina melalui situs e-commerce minimal satu kali dalam enam bulan terakhir. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan SEM ( Structural Equation Modelling  program SPSS 25 dan AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan p-value = 0,014 (<0,05) dan koefisien sebesar 0,347.  Kualitas produk berpengaruh posirif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan p-value = 0,000 (<0,05) dan koefisien sebesar 0,546. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan p-value = 0,000 (<0,05) dan koefisien sebesar 0,798. E-commerce berpengaruh negatif terhadap loyalitas konsumen dengan p-value =0,23 dengan koefisien sebesar -0,408. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan p-value =0,39 dan koefisien sebesar 0,416.

Kata kunci : : E-Commerce, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

ABSTRACT

One of uses technology in the beauty industry is the use of E-Commerce to facilitate the purchase of beauty products so as to increase customer satisfaction and loyalty. One product that has used an e-commerce system is the Emina product. The development of e-commerce marketing strategies implemented by emina as well as good product quality greatly helped increase the company's sales. The purpose of this research is to determine the effect of e-commerce and product quality on satisfaction and its effect on customer loyalty. 155 respondents aged 13 - 50 years who have used Emina products and have purchased Emina products through e-commerce sites at least once in the past six months. In this study the data analysis used was descriptive analysis and SEM (Structural Equation Modeling SPSS 25 and AMOS 24 programs). The results showed that e-commerce had a positive and significant effect on customer satisfaction, with p-value = 0.014 (<0.05) and coefficient of 0.347. Product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction with p-value = 0,000 (<0.05) and coefficient of 0.546. Satisfaction has a positive and significant effect on loyalty with p-value = 0,000 (<0.05) and a coefficient of 0.798. E-commerce has a negative effect on consumer loyalty with p-value = 0.23 with a coefficient of -0.408. Product quality has a positive and significant effect on consumer loyalty with p-value = 0.39 and a coefficient of 0.416.

Keywords : E-Commerce, Product Quality, Consumer Satisfaction, Consumer Loyalty


Full Text:

PDF

References


Deny S. Industri Kosmetik Ditargetkan Tumbuh 9 Persen di 2019. 2019. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4003673/industri-kosmetik-ditargetkan-tumbuh-9-persen-di-2019.

Yanto AF, Trianasari N. Analisis Hubungan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Produk PT Mustika Ratu TBK di Indonesia. e-Proceeding Manag. 2018;5(3):2951-2955.

Ahmad Saputra, SE., MM, Corinna Wongsosudono, SE. M. Analisis Pengaruh Penerapan E-Commerce Dan Kualitas. 1858;27(1)

Rangkuti F. Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus. Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum; 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Pusat Pengembangan Penelitian, Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako
Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran Lantai 3, Universitas Tadulako
Jl. Soekarno Hatta KM. 9, Tondo, Mantiulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia.
Email: redaksi.medpro@gmail.com
Telp: (0451) 422611 / HP : 085656320914

Flag Counter