Graf Pembagi Nol dari Semiring Matriks atas Semiring Boolean

Vika Yugi Kurniawan

Abstract


Untuk setiap semiring S  yang memiliki pembagi nol sejati dapat dibentuk suatu graf graf pembagi nol Г(S). Himpunan semua pembagi nol sejati dari  S yang dinotasikan  Z(S)* sebagai himpunan verteks dari graf Г(S). Dua verteks  berbeda  x dan y  di Z(S)* saling terhubung oleh sebuah edge jika dan hanya jika berlaku xy=0 atau yx=0. Pada makalah ini dipelajari sifat-sifat pembagi nol kiri dan pembagi nol kanan dari semiring matriks atas semiring Boolean, dinotasikan Mn(Ɓ). Selanjutnya sifat-sifat tersebut digunakan untuk menentukan diameter dari graf  Г(Mn(Ɓ)) .


Keywords


graf pembagi nol; diameter graf; semiring matriks; semiring Boolean

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Natural Sciences: Jurnal of Science and Technology indexed by

   

   

 

.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................Lisensi Creative Commons Natural Sciences: Jurnal of Science and Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License..

e-ISSN : 2541-1969 | p-ISSN : 2338-0950 | Natural Science: Journal of Science and Technology