HUBUNGAN ASUPAN ENERGI DAN ASUPAN PROTEIN DENGAN KEJADIAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS PADA IBU HAMIL DI PUKESMAS BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN KOTA PALU

Nikmah Utami Dewi, Abd. Hakim Laenggeng, Ira Maesyarah Ningrum

Abstract


ABSTRAK

Kekurangan energi kronis merupakan salah satu masalah gizi yang tertinggi di Indonesia. Penyebab terjadinya kasus kekurangan energi kronis, yaitu kurangnya asupan energi ibu hamil. Selain asupan energi ibu hamil juga dianjurkan untuk meningkatkan asupan protein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan energi dan asupan protein dengan kejadian kekurangan energi kronis pada ibu hamil di puskemas Birobuli kecamatan Palu Selatan kota Palu.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 88 sampel yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini di uji secara statistik dengan  uji Chi-square , pada taraf kepercayaan 95% (p<0,05). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara asupan energi dengan kejadian kekurangan energi kronis (ρ=1,000), terdapat hubungan antara asupan protein dengan kejadian kekurangan energi kronis (ρ=0,000). Bagi ibu hamil diharapkan agar lebih memperhatikan kesehatan pada saat hamil, dapat mengonsumsi makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan pada saat hamil dan lebih meningkatkan frekuensi makan.

Kata kunci :Asupan Energi, Asupan Protein, Kekurangan Energi Kronis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat by FKM UNTAD is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Preventif.

 

Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat Indexed By :

 

 


 

 StatCounter - Free Web Tracker and Counter


View My Stats