MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SDN LANGALESO
Abstract
Masalah penelitian adalah apakah model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas V SD negeri Langaleso?.penelititan ini bertujuan meningkatkan hasil belajar sprint dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SD Langaleso” Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (1) Bertambahnya khazanah keilmuan yang berkaitan dengan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT). (2) Guru mampu menganalisa terjadinya permasalahan-permasalahan pembelajaran dan mampu mengatasi permasalahan tersebut. (3)Mampu menumbuhkan suasana pembelajaran yang kondusif dan meningkatkan kemandirian siswa. (4)Dapat menambah pengalaman peneliti untuk terjun ke bidang pendidikan, dan menambah khazanah keilmuan peneliti. (5)Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk menumbuhkan minat belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa meningkat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Langaleso yang berjumlah 27 orang. Pada siklus I mengalami ketuntasan sebesar 59.25% dan ketidaktuntasan 18.51%. Sedangkan pada siklus II mengalami ketuntasan sebesar 81.48% dan ketidaktuntasan sebesar 40.74%. Maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus 2 telah melewati batas ketuntasan yaitu sebesar 80% dengan ini tidak perlu lagi melakukan siklus berikutnya. Hal ini ditandai dengan rata-rata nilai ketuntasan individu yang dicapai yakni 72.2 telah memenuhi ketuntasan individu, maka penelitian ini tidak dilanjutkan lagi dan hipotesis tindakan yang diajukan dapat diterima jadi melalui model pembelajaran teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas V SDN Langaleso.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya: Bandung
Ahmadi, Iif Khoiru, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka
Riyatno.(1996).Penilaian Ketuntasan di Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Syarifuddin, Aip. 1992. Atletik. Jakarta: Depdikbud.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yoyo, B. Yusuf, U., Suherman, A. (2000), Atletik.Depdikbud. Dirjendikdasmen.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to
Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.