https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MEMBERI DAN MENERIMA TONGKAT ESTAFET MELALUI MODIFIKASI JARAK 20 METER PADA SISWA KELAS IV SDN NO. 3 TONDO KECAMATAN SIRENJA | Mamat | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MEMBERI DAN MENERIMA TONGKAT ESTAFET MELALUI MODIFIKASI JARAK 20 METER PADA SISWA KELAS IV SDN NO. 3 TONDO KECAMATAN SIRENJA

Mamat Mamat, Addriana Bulubaan, Marhadi Marhadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar memberi dan menerima tongkat estafet siswa kelas IV SDN No. 3 Tondo melalui modifikasi jarak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas empat komponen, yaitu (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini berupa data numeric (angka) maka menggunakan teknik statistik deskriptif dengan analisis deskriptif prosentase.Data yang terkumpul dikelompokkan berdasarkan nomor pertanyaan dan alternatife jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan dasar memberi dan menerima tongkat estafet melalui metode modfikasi jarak pada siswa IV SDN No. 3 Tondo Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Peningkatan yang cukup berarti yakni rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 72,25% naik menjadi 79,55% pada siklus II atau naik sebesar 7,30%. Akan halnya pada ketuntasan hasil belajar secara klasikal dari 65% pada Siklus I meningkat menjadi 95% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 30%. Artinya bahwa hasil yang diperoleh tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebagaimana yang telah ditetapkan pada indikator penelitian ini yaitu sebesar 75%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode modifikasi jarak dapat meningkatkan keterampilan memberi dan menerima tongkat estafet pada siswa kelas IV SDN No. 3 Tondo kecamatan sirenja. Berdasarkan hal tersebut dapat disarankan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang selama ini hanya menggunakan metode konvensional sudah saatnya diganti dengan metode dan teknik yang inovatif, seperti mengajar melalui modifikasi jarak, khususnya dalam pembelajaran lari estafet pada siswa kelas IV SDN No. 3 Tondo Kecamatan Sirenja Kabupaten donggala.


Keywords


Keterampilan Memberi, Menerima Tongkat Estafet, Modifikasi Jarak

Full Text:

PDF

References


Ardianto, G.L. (2012).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari
Jarak Pendek Melalui Media Pembelajaran Yang Dimodifikasi Pada Siswa Kelas III SDN pndok 03 Nguter Sukoharjo.Surakarta : JPOK FKIP Universitas Sebelas Maret.

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Guru. Bandung : Yrama Widya.

Bahagia Y. & Suherman A. (2000) Prinsip-Prinsip Pengambangan dan Modifikasi
Cabang Olahraga.Jakarta : Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Depdiknas.(2003). Kurikulum (2004).Standar Kompetensi Mata Pelajaran  Pendidikan Jasmani SMP Dan Mts. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Djumidar, Mochamad, A. Widya. (2004). Belajar Berlatih Gerak-Gerak Dasar
Atletik Dalam Bermaian. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Indraswari Amelia. (2012). Meningkatkan Kemenarikan Pembelajaran Lari Estafet Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Model TGT.

Pandes Ariyesta (2013). Peningkatan Hasil Belajar Lari Estafet Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SD Negeri 014662 Perkebunan Gunung Melayu Kecamatan Rahuning Pada Tahun (2012/2013)”.

PASI. (1988). Program Pembinaan Pengembangan Atletik, Tuntunan Bagi
Pelatih/Pembina Atletik, Guru Pendidikan Jasmani Dan Para Atlet. Jakarta : PB. PASI.

Roji. (2006). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan SMP Kelas IX Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Jakarta : Erlangga.

Supandi. (1992). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.
Jakarta : Depdikbud.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek .Jakarta: Rieneka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.