https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE LATIHAN BARRIER HOPSPADA SISWA KELAS IV SDN MARANDA | anrti | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE LATIHAN BARRIER HOPSPADA SISWA KELAS IV SDN MARANDA

Sumantri suma anrti, Addriana Bulu Baan addriana bulu, gunawan gunawan gunawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan lompat jauh siswa kelas IV SDN Maranda melalui metode latihan barrier hops. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SDN Maranda dengan jumlah 20 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing masing siklus terdiri atas empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berupa data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa pada siklus I dan siklus II, serta data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes baik pada tes awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal sebesar 70% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II dan telah melebihi indikator yang ditentukan yakni sebesar 80%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui latihan barrier hops dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh pada siswa IV SDN Maranda. Hal tersebut telah dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa metode latihan barrier hops yang baik mendukung kemampuan lompat jauh yang baik pula. Berdasarkan hal tersebut dapat disarankan bagi para guru Penjasorkes, direkomendasikan bahwa kiranya dalam mengajarkan cabang olahraga khususnya lompat jauh hendaknya perlu memperhatikan kemampuan fisik dan teknik yang dimiliki siswa guna dapat memperoleh hasil belajar yang efektif.

Kata Kunci: Lompat Jauh, Latihan, Barrier Hops

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.