MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK USIA DINI

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak yang belum berkembang. Sehingga dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan permainan tradisional. Desain penelitian model bersiklus (alur Kemmis dan Mc. Taggart), dan setiap siklus tersebut memiliki 4 pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setting dan subjeknya, anak kelompok B Taman Kanak-kanak Adelia Kecamatan Ampibabo berjumlah 15 anak. Pengumpulan data penelitian menggunaan teknik observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Kuantitatif deskriptif adalah jenis penelitian yang gunakan. Adapun hasil penelitiannya terbukti permainan tradisional dapat dalam meningkatkan motorik kasar anak dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 31% untuk kategori Berkembang Sangat Baik, Berkembang Sesuai Harapan dan Mulai Berkembang.


Keywords


Motorik Kasar; Permainan Tradisional; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Badrujaman, Aip dan Hidayat, Dede. Rahmat. 2010. Cara Mudah Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta: Trans Info Media.

Hurlock, B. Elizabeth. 2006. Perkembangan Anak Jilid I. Edisi ke-6. Jakarta: Erlangga.

Mendiknas. 2010. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Rahman, Shofyatun A. 2010. Alat Permainan Edukatif untuk Program PAUD. Palu: Tadulako University Press.

Shofyatun. 2010. Alat Permainan Edukatif untuk Program PAUD, Palu :Tadulako University Press.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Wisata Indonesia. 2014. Sejarah Permainan Tradisional Egrang. [Online].Tersedia:http://gpswisataindonesia.blogspot.com/2014/01/sejarah-permainan-tradisional-egrang.html [01 Februari 2020].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.