MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PJKR FKIP UNTAD DALAM MENGIKUTI MATAKULIAH PEMBELAJARAN SENAM
Abstract
Tujuan penelitian untuk megetahui motivasi mahasiswa dalam mengikuti matakuliah pembelajaran senam. Jenis penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif, teknik pengumpulan data mengunakan angket, analisis data menggunakan statistik dekriptif persentase dengan teknik cross tabulation. Hasil penelitian yaitu: 1) Rata-rata jawaban mahasiswa sebesar 6,65 atau berkategori baik, 2) Rata-rata jawaban mahasiswa sebesar 5,53 atau berkategori baik, 3) Rata-rata jawaban mahasiswa sebesar 6.44 atau berkategori baik, 4) Rata-rata jawaban mahasiswa sebesar 5.51 atau berkategori baik, 5) Rata-rata jawaban mahasiswa sebesar 4.90 atau berkategori baik, dan 6) Rata-rata jawaban mahasiswa sebesar 5.63 atau berkategori baik. Sehingga disimpulkan bahwa Motivasi mahasiswa Program Studi PJKR FKIP UNTAD dalam mengikuti matakuliah pembelajaran senam yang diukur dengan 6 indikator masuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat menjadi masukan bagi dosen pengampu mata kuliah untuk mempertahankan metode atau teknik pembelajaran dan bahkan lebih meningkatkan metode yang digunakan sehingga mahasiswa dapat maksimal dalam penyerapan materi yang disampaikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.
Asnaldi, Arie, Zulman, and M Madri. 2018. “Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.” Jurnal Menssana 3 (2): 16–27. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75.
Dariyo, Agoes. 2004. “Pengetahuan Tentang Penelitian Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa.” Jurnal Psikologi 2 (1): 44–48. Husdarta. 2012. Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.
Komarudin. 2013. Psikologi Olahraga Latihan Dalam Olahraga Kompetitif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Laumara, Ikra, Humaedi Humaedi, and Ikhwan Abduh. 2018. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Di Mtsn Al-Ikhlas Kilo.” Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education 6 (1): 15–21.
Maksum, Ali. 2011. Psikologi Olahraga Teori Dan Aplikasi. Surabaya: Unesa University Press.
———. 2012. Metode Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa Universty Press.
Prayitno, Elida. 1989. Motivasi Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Sardiman, A, M. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Sepriadi. 2017. “Pengaruh Motivasi Berolahraga Dan Status Gizi Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani.” Jurnal Penjakora 4 (1): 77–89.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS
Published By: Tadulako University
Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia
Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743
Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com
Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education Index to





Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.