MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SD INPRES 12 BAIYA

jesman jesman

Abstract


Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan lompat jauh siswa kelas V SD Inpres 12 Baiya pada mata pelajaran
pendidikan jasmani. Rumusan masalahnya adalah Apakah dengan penggunaan
model pembelajaran tutor (teman) sebaya dapat meningkatkan kemampuan
lompat jauh kelas V SD Inpres 12 Baiya?. Tujuan penelitian yang ingin dicapai
adalah Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Tutor Sebaya dalam
meningkatkan kemampuan lompat jauh siswa di kelas V SD Inpres 12 Baiya?
Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap
siklus melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3)
Observasi, dan (4) Refleksi. Berdasarkan hasil tes awal siswa yang tuntas individu
sejumlah 19 orang dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,29% dengan nilai ratarata
daya serap sebesar 74,00%, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan loncat
jauh siswa masih rendah karena ketuntasan klasikal belum mencapai seperti yang
diharapkan yaitu minimal sebesar 75%. Pada siklus I siswa yang tuntas secara
individu 23 orang siswa dan ketuntasan klasikal 74,19% dengan nilai rata-rata
daya serap sebesar 75,80%. Kemudian pada siklus II siswa yang tuntas secara
individu 28 orang dengan ketuntasan klasikal 90,32% dengan nilai rata-rata daya
serap sebesar 78,42%. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa
terjadi peningkatan 12,90% dari hasil belajar sebelum tindakan ke siklus I dan
sebesar 16,13% dari siklus I ke siklus II (pembelajaran dengan penggunaan
metode tutor sebaya ). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa,
penggunaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran Penjaskes dapat
meningkatkan kemampuan loncat jauh siswa hal ini dapat dilihat dengan adanya
peningkatan hasil siswa berdasarkan hasil yang diperoleh dalam tiap siklus.
Penggunaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran Penjaskes mempunyai
pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang
ditunjukkan dengan antusiasme siswa yang tinggi selama pembelajaran
dilaksanakan, sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
Kata Kunci: Kemampuan, Lompat Jauh, Tutor Sebaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.