https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SERVIS PENDEK DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS DENGAN METODE BERMAIN SHOOT THE TARGET PADA SISWA KELAS 5A SDN 5 TOLITOLI | Katili | Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education

MENINGKATKAN TEKNIK DASAR SERVIS PENDEK DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS DENGAN METODE BERMAIN SHOOT THE TARGET PADA SISWA KELAS 5A SDN 5 TOLITOLI

Ahmad U Katili, Jumain Jumain, Ikhwan Abduh

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan teknik dasar servis pendek dalam permainan bulu tangkis melalui metode bermain shoot the target pada siswa kelas 5A Tolitoli. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 A yang berjumlah 18 siswa. Prosedur penelitian dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang tuntas pada observasi awal sebesar 11.12% dan dan nilai rata-rata siswa sebesar 56.79. Selanjutnya siklus I Pada siklus I mengalami ketuntasan sebesar  50% dan nilai rata-rata siswa 68,51. Sedangkan pada siklus II mengalami ketuntasan sebesar 94.45% dan nilai rata-rata siswa sebesar 81.48. Maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus II telah melewati batas ketuntasan yaitu sebesar 80% dengan ini tidak perlu lagi melakukan siklus berikutnya. maka dapat dsimpulkan bahwa melalui metode bermain shoot the target dapat meningkatkan teknik dasar servis pendek dalam permainan bulu tangkis pada siswa kelas V A Tolitoli.


Keywords


Teknik dasar, Servis Pendek, shoot the target.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:  Rieneka Cipta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inivatif-Progresif. Jakarta : Kencana

Undang-Undang Republic Indonesia Nomor 2 Tahun 2005 Pasal 25 Butir 2 Perihal Pembinaan Dan Pengembangan Olahraga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Tadulako University. Powered by Public Knowledge Project OJS



Published By: Tadulako University

Editorial Address : Jl. Soekarno Hatta Km.9. Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tadulako University, Palu, Indonesia

Tel / fax : (0451)429743 / (0451) 429743

Email : Jurnal.olahraga.untad@gmail.com

Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education  Index to


Creative Commons License

 

Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.