https://portalderevistas.uam.edu.ni/files/toponline/ http://210.57.208.166/obctoponline/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/ http://macasa.mx/ http://info.andes.edu.mx/ http://uat.sewrob.com/ https://ardpension.com/ https://tubitak2237.usak.edu.tr/storage/pisangtoto/ https://ustech.usak.edu.tr/storage/obcbet/ https://bahanacitapersada.com/ https://ppdb.bahanacitapersada.com/ https://167.71.57.184/ https://159.89.125.203/
Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas IV SDN 1 Balukang | Mas’eta | Jurnal Kreatif Online

Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas IV SDN 1 Balukang

Mas’eta Mas’eta, Baharuddin Paloloang, Marinus Barra’ Tandiayuk

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Balukang. Rumusan masalah yang diajukan yaitu apakah dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 1 Balukang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil tes, hasil observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Balukang yang berjumlah 20 orang. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh persentase kentuntasan klasikal sebesar 45%, persentase daya serap klasikal 61,75% dan observasi aktivitas guru mencapai 65,7%, observasi aktivitas siswa mencapai 55%. Pada siklus II hasil tes tindakan meningkat. Siklus II diperoleh persentase ketuntasan  klasikal sebesar 85%, persentase daya serap klasikal sebesar 75,5%, dan observasi aktivitas guru mencapai 82,8%, observasi aktivitas siswa mencapai 76,6%. Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Balukang.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung