PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 14 PALU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN BLOK ALJABAR PADA MATERI PERKALIAN FAKTOR BENTUK ALJABAR

Cempaka Prawitasari Lumentut, M. Tawil Made Ali, Muh. Hasbi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Palu pada materi perkalian faktor bentuk aljabar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan blok aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan blok aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Palu pada materi perkalian faktor bentuk aljabar, dengan fase sebagai berikut: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi, 3) penomoran (numbering), 4) pengajuan pertanyaan (questioning), 5) berpikir bersama (heads together), 6) pemberian jawaban (answering), dan 7) pemberian penghargaan. Pada fase 1 peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran untuk memotivasi siswa; pada fase 2 peneliti menyajikan informasi mengenai penggunaan blok aljabar pada perkalian faktor bentuk aljabar dan pemfaktorannya; pada fase 3 peneliti mengatur siswa untuk bergabung ke dalam kelompok dengan nomor anggota 1 s.d. 4; pada fase 4 peneliti memberikan soal-soal kepada siswa dalam bentuk LKS; pada fase 5 siswa diminta untuk berpikir bersama dalam menyelesaikan soal-soal pada LKS dan peneliti memberikan bimbingan seperlunya; pada fase 6 peneliti menyebut satu nomor dan siswa yang memiliki nomor tersebut mempresentasi­kan hasil LKS kelompoknya di depan kelas; dan pada fase 7 peneliti memberikan penghargaan kepada setiap kelompok.

Kata Kunci: kooperatif tipe NHT, hasil belajar, blok aljabar, perkalian faktor bentuk aljabar.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.