PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PALU

Nurulia Nurulia, Bakri Mallo, Baharuddin Paloloang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VII B SMP Negeri 12 Palu. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar melalui fase-fase yaitu: (1) pemberian orientasi, guru menjelaskan tentang kegiatan yang dilakukan pada setiap fase pembelajaran. Selanjutnya guru menyampaikan materi. (2) think, guru memberikan LKS yang berkaitan dengan materi yang dipelajari dan meminta siswa untuk memikirkan dan menjawab pertanyaan pada LKS secara individu (3) pair, guru meminta siswa untuk bergabung dengan pasangannya dan mendiskusikan hasil pemikirannya pada fase think serta menentukan jawaban yang dianggap paling benar (4) share, guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya kepada teman-temannya di depan kelas dan (5) penghargaan, guru memberikan penghargaan kepada kelompok atau pasangan yang memperoleh nilai terbaik.

Kata Kunci:          Kooperatif Tipe TPS, Hasil Belajar, Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.