PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Jumarni Jumarni, Gandung Sugita, Marinus Barra Tandiayuk

Abstract


Abstrak: Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 5 Palu pada materi turunan fungsi aljabar. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut dengan melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada tes akhir siklus I terdapat 10 siswa tuntas dan 18 siswa tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II terdapat 25 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe STAD, yakni: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, (2) penyajian kelas pembelajaran, (3) mengorganisasikan siswa kedalam kelompok belajar, (4) membimbing siswa dalam menyelesaikan LKS, (5) memberikan tes, dan (6) memberikan penghargaan kelompok.

 

kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, turunan fungsi aljabar

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.