https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 PALU | Anggraini | Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako

PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 PALU

Tiara Wahyu Anggraini, Gandung Sugita, Baharuddin Paloloang

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas VIII SMP Negeri 14 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga siswa yaitu siswa berkemampuan tinggi (SKT), siswa berkemampuan sedang (SKS), dan siswa berkemampuan rendah (SKR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil komunikasi matematis SKT, SKS dan SKR dalam menyelesaikan soal cerita operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada indikator menggunakan representasi untuk menggambarkan situasi masalah pecahan yaitu subjek dapat merepresentasikan maksud soal dengan cara menuliskan informasinya dalam bentuk point-perpoint dan dinyatakan dalam bentuk gambar tetapi SKR keliru menuliskan informasi pada soal pecahan operasi hitung campuran; pada indikator mampu menuliskan jawaban penyelesaian masalah pecahan yaitu subjek mampu menuliskan jawaban penyelesaian masalah pecahan cukup lengkap, mulai dari informasi soal hingga urutan langkah-langkah penyelesaiannya, tetapi SKS belum memahami cara penyelesaian soal pecahan operasi hitung campuran dan SKR belum memahami cara mengoperasikan pecahan-pecahan tersebut setelah disamakan penyebutnya; pada indikator menggunakan bahasa matematika dan simbol secara tepat yaitu subjek dapat mengubah informasi soal menjadi model matematikanya dan dapat menentukan operasi hitung yang digunakan serta dapat menuliskan pecahan dan penyelesaiannya dengan benar, tetapi SKS tidak menuliskan operasi hitung ketika memulai penyelesaian masalah dan SKR belum mampu menyamakan penyebut dengan menggunakan KPK; pada indikator mampu menyampaikan atau menjelaskan jawaban penyelesaian masalah pecahan yang dituliskannya yaitu subjek dapat menjelaskan kembali jawaban penyelesaian soal sesuai dengan jawaban yang dituliskannya.

 

Kata Kunci: Profil, Komunikasi Matematis, Soal Cerita, Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.