PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI TRANSFORMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IXA SMPN 1 TANANTOVEA

Magfirah Tunnisa, Muh Rizal, Tegoeh S Karniman

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi transformasi di kelas IXA SMPN 1 Tanantovea. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan  tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXA SMPN 1 Tanantovea yang berjumlah 22 orang siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik, hasil belajar siswa meningkat dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (1) memahami masalah kontekstual, guru menyajikan masalah kontekstual dalam LKS dan siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk memahami masalah yang diberikan oleh guru, (2) menyelesaikan masalah, setiap kelompok bekerja sama dalam menyelesaikan masalah mengikuti langkah-langkah pengerjaan di LKS dan membuat kesimpulan jawaban dari setiap masalah yang diberikan, (3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban, masing-masing perwakilan kelompok secara bergiliran mempresentasikan jawaban dari masalah yang ditentukan oleh guru dan anggota kelompok lainnya membandingkan jawaban yang mereka peroleh dengan jawaban yang dipresentasikan oleh kelompok penyaji, dan (4) menyimpulkan, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dibawah bimbingan oleh guru.

Kata Kunci: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Hasil Belajar, Transformasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.